16 May 2015

Ayo Sehat Indonesiaku


Yoga berasal dari berasal bahasa Sansekerta yang berarti penyatuan. Menyatu di sini bisa berarti menyatu dengan alam.


Salah satu aktivitas di gym yang cukup sering saya ikuti adalah kelas yoga. Walaupun memang lebih banyak di dominasi kaum wanita yang mengikuti, sebenarnya yoga sendiri bisa diikuti oleh siapapun baik wanita maupun pria. Kaum pria mungkin malas mengikuti yoga karena merasa badan kita yang kurang fleksibel untuk gerakan-gerakan yoga yang cukup jelimet. Saya sendiri awalnya ragu-ragu ikutan mengingat badan saya yang super kaku untuk gerakan-gerakan yoga. Tapi instruktur meyakinkan saya bahwa perlahan fleksibilitas tubuh akan terbentuk bila rutin mengikuti yoga. Ditambah kenyataan bahwa yoga juga mengatur pernafasan dan bagus untuk penderita asma, maka saya bulatkan tekad untuk rutin mengikuti yoga.


Karena tubuh saya yang super kaku, saya baru mencoba level yoga basic untuk melatih kelenturan tubuh terlebih dahulu. Yang bikin saya senang, gerakan-gerakan yoga bisa saya latih di rumah maupun di kantor saat sedang mumet dengan pekerjaan. Saya juga bisa mendapat lebih banyak referensi gerakan-gerakan yoga dengan membuka youtube. Beberapa gerakan sederhana dalam yoga antara lain :

  1. Downward Facing Dog


Biasa disebut Down Dog. Ini adalah pose untuk meregangkan otot hamstring dan memanjangkannya. Saat ini kaki saya sih masih belum bisa menapak saat melakukan gerakan yang satu ini. Tapi kata istruktur saya jangan dipaksa karena bisa menyebabkan salah urat. Perlahan saja, nanti lama-lama juga lentur dengan sendirinya. Telapak kaki yang semakin banyak menapak juga merupakan indikasi kalau otot hamstring sudah tidak kaku lagi.

  1. Tree Pose


Tree pose ini bisa jadi adalah gerakan yoga yang cukup banyak dilakukan oleh para pemula. Gerakan yoga yang satu ini bertujuan peregangan pinggul, paha bagian dalam, memperkuat kaki dan juga tulang belakang. Untuk meletakkan sebelah kaki yang ditekuk juga bisa disesuaikan kemampuan. Bila masih baru, kita bisa meletakkan di mata kaki, dan bila semakin mahir maka letakkan di paha

  1. Child Pose

Child pose adalah gerakan untuk diam sejenak dan mengambil nafas. Kapapun saat kita latihan yoga dan tubuh merasa letih dan kehabisan nafas, child pose adalah pilihan gerakan yang harus dilakukan. Manfaat dari gerakan ini sendiri adalah untuk menenangkan pikiran, meringankan stress, dan dapat membantu untuk stretching.

Dan tentunya masih banyak gerakan-gerakan yoga lainnya yang bisa kita pelajari. Beberapa manfaat yang saya rasakan sendiri dengan rutin mengikuti yoga antara lain adalah badan yang menjadi lebih lentur dan fleksibel, lalu memperbaiki postur tubuh kita, melancarkan peredaran darah, menurunkan berat badan, serta membuat jiwa menjadi tenang dan bahagia.   Banyak banget kan manfaat yoga.


Oh ya, buat teman-teman yang berdomisili di Jakarta, Jogja dan Bali bakal ada kegiatan Yoga serentak di yang bertajuk Ayo Sehat Indonesiaku. Acara ini diselenggarakan oleh AXA yang terus berkomitmen untuk mengedukasikan gaya hidup sehat kepada masyarakat. Acara yoga serentak ini juga akan memecahkan rekor MURI untuk kegiatan yoga yang pernah diadakan tahun 2013 lalu. Kalau teman-teman ingin tahu seperti apa event Ayo Sehat Indonesiaku ini, jangan lupa catat tanggal dan tempatnya yah :

Jakarta, 17 Mei 2015 berlokasi di Monas pk.07.00-11.00
Jogja, 17 Mei 2015 berlokasi di Lapangan Candi Prambanan pk.07.00-11.00
Bali, 17 Mei 2015 berlokasi di Nirwana Bali Golf pk.07.00-11.00

Nah, kalau mau lihat gimana serunya. Coba deh lihat videonya :


Atau kalau memang tidak bisa hadir ke acaranya, teman-teman juga bisa kok ngeliat acaranya streaming dari channel youtube. Cukup pastiin aja kalau koneksi kalian bisa browsing & buffering ke youtube channelnya disini ya. Klik  bit.ly/axastrm


Oke deh, sampai bertemu di lokasi event Ayo Sehat Indonesiaku yah! #IngatSehat

43 comments:

  1. aih kagak ade yang di Malang. penonton kecewa ini haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nonton di Youtube aja kak :)

      Delete
  2. Wahahah keren keren. YOGA nya ada foto fotonya hheiheie. Saya kira mas GOIG bisa terbang. Soalnya saya pernah liat tayangan VIDEO di Youtube, YOGA ini bahkan ada yang terbang sampai beberapa centi di atas tanah. Keren bingidsssssssssssssss

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku masih level amatir mas. baru tahap mencoba melenturkan badan yang kaku. Kalau gerakan yang sulit aku belum sampai level itu

      Delete
    2. aku masih level amatir mas. baru tahap mencoba melenturkan badan yang kaku. Kalau gerakan yang sulit aku belum sampai level itu

      Delete
  3. Menyimak, Mas Goiq :-)

    ReplyDelete
  4. Pengen deh ikut acara ini mas...haduh tapi pagi2 suka rempong...apalagi libur anak2 beloom bangun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kenapa ngga coba latihan di rumah saat santai aja mbak. Banyak loh panduan yoga di youtube

      Delete
  5. ane pengen nih belajar lebih banyak tentang yoga...

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak kok panduannya. bisa di googling kok

      Delete
  6. Kalau ngga menguasai gerakan2 gitu agak riskan ya? soalnya takut salah urat atau terpelintir hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. mulai dari gerakan yang paling mudah Man. Banyak kok panduannya

      Delete
  7. Yess
    udah lama penasaran soal yoga
    nggak tahu sama sekali

    at least ini bisa dicoba buat latihan awal deh fu fu fu
    thank you kak ariii!

    (agak aneh jg rasanya)
    (biasanya manggil kak goiq)
    (hahaha)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahahaa.. panggil Goiq aja gpp kok Aul

      Delete
  8. Hahaha, aku belum pernah nyobain yoga

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak loh Ko gerakan-gerakan mudah yang bisa diikuti di youtube

      Delete
  9. lama2 aku jd pengin coba... sama mas, yg aku pikirin ini itu bneran bisa lentur lama2 ya.. abis katanya biar diliat olahraga anteng tp bisa ngeluarin keringat bnyk :) Bakar kalorinya lbh afdol sepertinya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul. kata siapa yoga ngga keluarin keringat. banyak banget malah keringetnya

      Delete
  10. wow 3 foto yang di atas itu bagus banget!!!
    gua gak tertarik ama yoga.... susah kayaknya hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. awalnya akujuga mikir gitu kok Man. lama-lama sih seneng aja. Kerasa lohbadan yang tadinya kaku lama-lama mulai lentur

      Delete
  11. Pengen rutin ikut yoga tapi waktu belum cocok. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuk cobain yang di Senayan

      Delete
  12. streaming aja deh kalua gitu aku

    ReplyDelete
  13. Aku bisa nya child pose doang #laluNunging hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahahaha... bukannya abis child pose trus ketiduran mas Cum :))

      Delete
  14. aku baru tahu kalo pose andalan itu namanya tree pose hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaah suka tree pose juga yah. itu juga salah satu favoritku

      Delete
  15. di monas 17 mei?
    wow, udah lewat mas...

    he he he, telat saya liat postingan ini :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi masih bisa lihat video acaranya di link youtube loh

      Delete
  16. suzan juga mulai olahraga lagi, biar semakin fit dan sehat, kira-kira di Palembang ada gak eventnya

    ReplyDelete
  17. venue nya yang keren di jogja ya, di candi prambanan. bagus tuh buat difoto wkwkwkwk

    ReplyDelete
  18. Wah mantap Goiq sudah ngegym, masih ditambah yoga. Makin mantap.

    ReplyDelete
  19. Pengen yoga, tapi lebih suka zumba sih.

    ReplyDelete
  20. waaah acaranya dah lewat toh, padahal pengen coba belajar yoga ini Mas :)

    ReplyDelete
  21. kalo yoga pake yoga pants mas, klo pake jeans bisa cidera tuh kulit....
    Dedy@Dentist Chef

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini cuma latihan ringan di sela rutinitas kantor kok mas. Kalo lagi yoga di gym mah saya pakai pakaian yang lebih sesuai tentunya

      Delete
  22. terimakasih infonya sangat bagus dan menarik, sukses buat pak admin.
    Obat Herbal Tukak Lambung

    ReplyDelete
  23. pengen nyobain yoga tapi,, hehe

    ReplyDelete

Terima kasih....