19 June 2015

Asyiknya Menggunakan Aplikasi Go-Jek

Belakangan ini saya lebih suka menggunakan kendaraan umum daripada kendaraan pribadi untuk menuju tempat beraktivitas saya. Apalagi saat ini semakin banyak pilihan moda transportasi yang bisa dipilih. Salah satu moda transportasi yang belakangan ini cukup sering saya gunakan adalah Go-Jek. Go-Jek ini adalah sebuah perusahaan penyedia jasa angkutan sepeda motor atau ojek yang bisa dipesan melalui aplikasi di smartphone. Armada yang mereka miliki uniknya bukan milik mereka sendiri, melainkan memberdayakan tukang ojek yang sudah eksis. Bahkan belakangan saya tahu tidak hanya tukang ojek pangkalan saja yang bergabung menjadi driver Go-jek, tapi ada juga orang-orang yang ingin mencari penghasilan tambahan. 

Hebatnya Go-Jek adalah mereka tidak hanya memfasilitasi transportasi orang, melainkan juga menyediakan layanan jasa kurir antar jemput barang (Instant Courier ), lalu jasa pembelian makanan ( Go-Food), dan jasa pembelian barang ( Shoping ). Sistem kerjanya semua dipesan melalui aplikasi lalu tinggal kita bayarkan dengan sistem cash atau menggunakan Go-Jek credit. Praktis banget kan ?


Nah kalau teman-teman mau order Go-Jek untuk transportasi, caranya tinggal buka aplikasi Go-Jek kamu dan pastikan sudah sign up terlebih dahulu yah. Kalau sudah tingga isi lokasi tempat kamu ingin dijemput. Klik location dan gunakan map yang sudah tersedia untuk menentukan posisi kamu. Di kolom Location Detail kamu masukkan alamat lengkap dan patokan-patokan untuk menuju tempat dimana kamu ingin dijemput. Kalau sudah lalu lanjutkan dengan mengisi tempat tujuan kamu. 

Setelahnya Go-Jek akan mengeluarkan rincian harga yang harus kamu bayarkan. Ada 3 pilihan metode yang bisa kamu pilih untuk membayar, yaitu menggunakan uang cash, Corporate PIN atau Gojek Credit. Kalau metode pembayaran sudah kamu pilih dan kamu setuju untuk membayar dengan nominal yang tertera langsung saja klik order.

Setelah booking dinyatakan berhasil, langkah yang harus dilakukan adalah menunggu. Status booking kita akan tercatat dalam My Bookings. Bila dalam 15 menit tidak ada driver Go-Jek yang mengambil order yang kita buat, biasanya booking dianggap gagal dan harus mengulang booking kembali. Tapi biasanya gagal booking itu terjadi di jam-jam pergi kerja atau jam pulang kantor. Diluar itu sih biasanya saya aman-aman saja dan cukup cepat direspon.



Bila order sudah direspon oleh driver Go-Jek, kita akan mendapatkan notifikasi berupa peta dan perkiraan driver Go-Jek akan tiba di tempat kita ingin dijemput. Kita juga bisa melihat profil driver yang akan menjemput dan menghubungi mereka via sms atau telp. Biasanya sih driver Go-Jek yang akan menghubungi kita untuk menanyakan posisi pasti tempat kita. Tapi mengingat mereka menggunakan pulsa sendiri untuk menghubungi kita, sebaiknya kita yang inisiatif untuk menelpon atau sms mereka. Toh untuk kepentingan kita sendiri juga kan ?


Nah kalau driver sudah tiba di tempat penjemputan, status order kita akan berubah menuju lokasi tujuan. Dalam status tersebut juga ada estimasi waktu tiba di lokasi tujuan. Estimasi ini bisa jadi akan lebih cepat atau bisa jadi lebih lama tergantung kondisi lalu lintas saat itu. Standar Go-Jek sebelum memulai perjalanan menuju lokasi tujuan adalah menawarkan masker, penutup rambut dan juga helm. Kalian bisa menolak masker dan penutup kepala bila dirasa memang tidak perlu. tapi dilarang untuk menolak helm loh. 
Kalau sudah tiba di lokasi tujuan kita, jangan lupa kembalikan helm pada driver Go-Jek dan ucapkan terima kasih. Lalu kita bisa memberikan review pada driver Go-jek yang sudah mengantar dengan memberikan bintang dan komentar. Kita juga bisa memberi report pada Go-Jek bila driver yang menjemput kita tidak menggunakan helm atau jaket Go-Jek dan tidak menawarkan masker dan penutup rambut. Status pemesanan kita yang sudah komplit maupun yang di cancel bisa dilihat lagi di My Bookings. Siapa tahu ada yang butuh report untuk reimburse.

Oh ya, mau kasih tau nih. Sekarang Go-jek sedang ada promo Ceban Ramadhan loh gaes. Kita bisa pergi kemana saja dalam batas maksimal 25 km dengan membayar hanya Rp.10.000,- saja. Tapi promo ini tidak berlaku di jam pergi kantor pk.07.00-09.00 dan jam pulang kantor pk.16.00-19.00 (Senin - Jumat). Nah kalau teman-teman mau nyobain promo ini, buruan download aplikasi Go-Jek di smartphone kalian trus masukin referral code 528541232 di Go-Jek Credit dan kalian bakal langsung dapat credit senilai Rp.50.000,- . Lumayan kan bisa dipakai 5 kali selama promo Ceban Ramadhan masih berlaku sampai tanggal 27 Juni 2015 nanti. Apalagi layanan Go-Jek sekarang juga sudah bisa dinikmati di Jakarta, Bandung, Surabaya dan Bali. Asyik kan ? Yuk ngojek pakai Go-Jek :)

55 comments:

  1. wah kepengen juga nyobain aplikasi ini. Hhmmm Di bukmark dulu deh,. Soalnya Android Samsung Galaxy S5 saya sedang dibengkel Hiehiehiheie

    ReplyDelete
    Replies
    1. cobain yah mas. jangan lupa masukin referral code nya biar dapet credit 50.000 :)

      Delete
  2. Mau nyobain juga ah, bisa nggak yaa di sini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang baru ada di Jakarta, Bandung, Surabaya dan Bali mbak :)

      Delete
  3. Aku penasaran nih pengen download aplikasi dan pake go jek.. apalagi setelah denger kabar ada discountnyaa waaah makin menarik :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. akupun awalnya diracunin juga trus ketagihan deh.. hahahaaha

      Delete
  4. Keren uy Ojek jaman sekarang. canggih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul. canggih dan praktis

      Delete
  5. Gak ada gojek di Palembang :D segeralah buka cabang di Palembang

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyo San. Mudah-mudahan cepet buka cabang di Palembang

      Delete
  6. Gojek save my life!

    ReplyDelete
  7. Go-Jek kan pernah masuk hitam putih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah aku malah ngga nonton :))

      Delete
  8. belum pernah pakai jasa Go-Jek

    ReplyDelete
  9. Sebenernya asyik juga sih pake Go-Jek gitu. Apalagi sedang ada promo ceban. Tapi baru ada di 4 kota besar itu ya, mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya baru ada di 4 kota sejauh ini :)

      Delete
  10. mau ah nyobain, akubelum pernah pakai

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo mbak Lid cobain..

      Delete
  11. mau nyobain go-jek ah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga pengen. eh di Bali ada, nggak, ya?

      Delete
    2. Rija : ayo cobain
      Arian Sahidi : Di Bali udah ada loh :)

      Delete
  12. Harganya udah fix gitu ya, Rie? Ga perlu nawar-nawar lagi kayak ojek biasa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo tarif normal dihitung per kilometer mbak, tapi ngga tawar-tawaran. Nah kalo harga promo ceban Ramadhan ini yah cuma bayar Rp.10.000,- mbak selama di luar jam rush hour tadi.

      Delete
  13. emang keren aplikasi go jek ini mas, salut sama pendirinya.
    semoga go jek ada juga di kota banjarmasin dan sekitarnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mudah-mudahan bisa segera memperluas area layanan yah mas

      Delete
  14. aku jd ketagihan pake iniiiii :D paling srg mesen mrk utk pesen makanan pas lunch mas :D...

    ReplyDelete
    Replies
    1. akupun demikian mbak :))

      Delete
  15. Gw beberapa kali pake Gojek dan menyenangkan. Sering juga buat pesan makanan dan murah.

    Gua lebih sering pake uber heheheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gw malah jarang Cip pake pesan makanan. Paling sering buat transport dan kurir di kantor

      Delete
  16. Gojek kendaraan super praktis sekarang. Tapi fitur gofood gue rasa bakal bikin orang jadi makin manja deh. Tiap gue ke mall, gak cuma 1 atau 2 kurir gojek yang lagi belanja pesanan customernya. Duh... Ckckckckck.

    ReplyDelete
  17. Gojek kendaraan super praktis sekarang. Tapi fitur gofood gue rasa bakal bikin orang jadi makin manja deh. Tiap gue ke mall, gak cuma 1 atau 2 kurir gojek yang lagi belanja pesanan customernya. Duh... Ckckckckck.

    ReplyDelete
  18. Gojek kendaraan super praktis sekarang. Tapi fitur gofood gue rasa bakal bikin orang jadi makin manja deh. Tiap gue ke mall, gak cuma 1 atau 2 kurir gojek yang lagi belanja pesanan customernya. Duh... Ckckckckck.

    ReplyDelete
  19. Terimakasih atas semua artikel bermanfaat yang sudah anda publikasikan melalui blog yang menarik ini, saya tunggu postingan selanjutnya, have a nice day, kawan :)

    ReplyDelete
  20. dikota saya belum ada nih Go-Jek, semoga bisa ada diseluruh kota" di Indonesia :)

    ReplyDelete
  21. semoga gojek juga hadir di kota Yogyakarta :)

    ReplyDelete
  22. Duuuh...banyak banget yang posting tentang gojek nih mas...
    Jadi pengen nyobain, tapi di Bandung belum ada yah...

    Mudah2an segera ke banyak kota yaaah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah ada kok teh Erry di Bandung :)

      Delete
  23. Idenya keren banget nih om
    Memberdayakan ojek biar ga kalah sama taxi. Cuma legalitasnya gimana ya, ojek kan plat hitam tapi dipake untuk angkutan umum

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya idenya keren. Kalau soal legalitas, aku bingung jawabnya mas. Karena ojek kan memang sudah dikenal sejak lama sebagai salah satu transport walaupun berplat hitam. Biar dari pihak Go-Jek saja yang jawab soal ini

      Delete
  24. Postingan ini sangat bermanfaat, memberikan informasi mengenai hal yang belum diketahui. Semoga postingan ini bisa memberikan motivasi untuk selalu ingin tahu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. senang bisa membantu memberi informasi :)

      Delete
  25. Ceban Ramadhan di perpanjang yak, asyiikk keman-mana bisa pakai gojek :)

    ReplyDelete
  26. Aku udah pake nih gojek.. keren emang pangsa bisnisnya ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener Huang. Ini aku mo ke Bali dan kayanya mo pake Gojek aja di sana.. hehehehe

      Delete
  27. Ide bisnis yang hebat ....
    Waktu promo bulan lalu yang gratis biaya antar .... Istri berkaki kali pesan makanan2 kesukaan ... HE he

    ReplyDelete
  28. Gojek di Bandung sering wara-wiri ... ojek dalam genggaman ya :D

    ReplyDelete

Terima kasih....