24 June 2015

Jelajah Makan Siang di Seputar Jakarta Selatan

Bagi orang kantoran seperti saya, makan siang tentunya adalah hal yang seringkali bikin bingung. Bagaimana tidak, tiap hari lidah maunya dimanja dengan beraneka jenis dan rasa makanan. Kalau cuma makan di sekitar kantor saja sih bisa bosan rasanya. Maka pilihan menjelajah beberapa tempat makan di sekitar wilayah Jakarta Selatan mau tidak mau harus dilakukan bersama teman-teman kantor. Mau tahu beberapa tempat makan siang yang pernah saya singgahi dan punya kesan mendalam sehingga ingin datang terus bersama teman-teman kantor ke sana ?

1. Rumah Makan Pak Tardja - Mayestik

Rumah Makan Pak Tardja ini berlokasi di seputar Mayestik dan tidak jauh dari RSPP. Makanya teman saya lebih suka menyebutnya Sop Iga RSPP ketimbang Rumah Makan Pak Tardja yang sebenarnya adalah nama resmi tempat ini. Tempatnya sih sederhana banget. Tapi kalau sudah masuk jam makan siang tempat ini ramai sekali. Harus antri tempat duduk dulu sebelum memesan makanan. Kalau sudah dapat tempat duduk baru memesan makanan dan harus sering-sering ditanyain menu pesanan kita supaya tidak lupa. Kalau membayangkan ramainya tempat ini saat jam makan siang sih memang suka bikin males untuk ke sini. Tapi kalau sudah membayangkan rasa sop iga yang segar dan lezat ini, ramainya orang dan antrian sepanjang apapun jadi ngga penting deh. 

Oh ya, Rumah Makan Pak Tardja sendiri menyediakan beberapa menu andalan seperti sop iga, sop sumsum dan sate. Pilihan dagingnya ada daging sapi atau daging kambing. Walaupun menu andalannya sop, jangan pernah berpikir kita akan melihat mangkok penuh kuah dan di dalamnya ada potongan daging dan sayuran. Salah besar. Seporsi menu yang kita akan pesan memang akan didominasi potongan besar iga dengan kuah bening yang segar serta tambahan bawang goreng dan emping. Sayuran seperti wortel ada sih, tapi cuma seperti hiasan semata. Kalau memesan sop sumsum, maka kita akan mendapati mangkok yang penuh dengan beberapa potong tulang besar dilengkapi dengan sedotan untuk menyedot sumsum langsung dari dalam tulang. Sllruupp..Kesegaran kuah kaldu dan daging yang empuk inilah yang bikin saya dan teman-teman kantor rela datang rutin dua hingga tiga kali sebulan. Untuk harga juga sangat bersahabat dengan kantong. Biasanya kami mengeluargkan Rp.35.000,- /orang untuk menikmati sop iga atau sop sumsum sudah dengan nasi dan segelas es teh manis. Murah kan ? 

2. Kedai Kopi 89 - Kemang

Tempat berikutnya yang beberapa kali saya dan teman-teman kantor datangi saat jam makan siang adalah Kedai Kopi 89 yang berada di kawasan Kemang. Walaupun namanya Kedai Kopi, tapi tampilannya ala cafe banget yang cozy dan pilihan menunya juga lumayan beragam. Beberapa menu favorit saya kalau makan di sini adalah mie ayam. Iya mie ayam. Porsi mie ayam yang disajikan Kedai Kopi 89 ini cukup besar serta rasanya juga menggoda selera loh. Trus kalau datang kesini bareng teman-teman, kita juga pesan menu cemilan yang bisa dinikmati bersama. Salah satunya nachos. Porsi Nachos nya juga lumayan besar dan rasanya enak. Malah kadang kita juga suka bungkus untuk dibawa ngemil di kantor. Hahahaha... Untuk hidangan pencuci mulut, salah satu favorit saya adalah Apple Crumble with ice cream. Ini top markotop banget deh...

3. Marche Plaza Senayan
Karena Blok M berjarak cukup dekat dengan Senayan, makan beberapa kali juga saya dan teman-teman kantor memilih Plaza Senayan sebagai tempat makan siang. Pilihan tempat makan di sana juga cukup beragam, salah satu yang cukup rutin kami singgahi adalah Marche. Saat masuk kita akan diberi stamp card yang akan di beri cap saat kita memesan makanan di stall yang tersedia. Pilihan menunya juga beragam dan setiap stall mengeluarkan aroma makanan yang sangat menggoda. salah satu menu favorit saya dan cukup bersahabat dengan kantong adalah roast chicken. Tidak lupa juga memesan sauteed Vegetables untuk memenuhi kebutuhan kandungan serat. Yummy...

4. Urban Bistro - Lippo Mall Kemang

Salah satu tempat yang tidak terlalu jauh dari kantor saya adalah Lippo Mall Kemang atau kami lebih familiar menyebutnya Kemang Village. Ada satu tempat yang paling saya suka kalau kebetulan saya ingin makan siang sehat. Tempat itu adalah Urban Bistro. Menu yang tersedia di sini sih sebenarnya umum yah. Ada beragam pilihan menu yang bisa kita order di sini. Tapi entah kenapa dari sekian banyak menu, saya dan teman-teman paling suka dengan Chicken Caesar Salad nya. Satu porsi salad yang terhidang berisikan sayuran yang melimpah ditambah potongan ayam yang di grilled, telur rebus, dua potong garlic bread, parmesan cheese dan dengan dressing yang lezat banget. Yang bikin happy, satu porsi salad ukuran jumbo begini harganya tidak sampai Rp.50.000,- loh. Ngga perlu pesan menu yang lain karena makan satu porsi Chicken Caesar Salad ini sudah nampol banget di perut.

5. The FoodHall Kitchen

Balik lagi ke Senayan, saya juga suka banget makan siang bareng teman-teman ke Senayan City. Ada banyak pilihan tempat makan yang cukup sering saya jelajahi bersama teman-teman kantor. Salah satunya The FoodHall Kitchen. Mungkin sudah banyak yang tahu kalau The FoodHall adalah salah satu tempat belanja kebutuhan rumah tangga dan dapur. Tapi mungkin belum banyak yang tahu atau mungkin sudah tahu tapi belum pernah nyobain makan di The FoodHall Kitchen. Cukup beragam loh menu yang tersedia di The FoodHall Kitchen ini. Saya sudah mencoba beberapa dan yang cukup sering saya order adalah Roast Chicken with Honey dan Gratin. Untuk Roast Chicken nya bisa kita pilih ukurannya sesuai selera, mau 1/4 potong, 1/2 potong dan bisa juga utuh kalau mau makan besar bareng teman-teman. Roast Chicken nya enak dan tambahan madu membuat cita rasa manis yang bikin saya jadi ngences waktu ngetik tulisan ini. Duuuh. Sementara untuk pengganti nasi saya biasanya memilih gratin, Favorit saya sih carrot gratin atau broccoli gratin. Dijamin kenyang untuk ukuran perut saya.

Karena tempat-tempat di atas tidak mungkin kami tempuh berjalan kaki, jadinya yah terpaksa kami nebeng mobil salah seorang rekan kantor. Hanya saja biasanya saya yang kebagian suka nyetirin. Teman-teman kantor yang lain suka mendadak ngga bisa nyetir kalau pergi makan siang bareng gini. Untung saja teman kantor saya bawa Toyota Agya. Kalo pas ketemu macet ngga kuatir kaki pegal, trus interiornya juga keren, ngga sempit, yang jelas asyik banget kalau naik turun gedung parkir mall yang melingkar dan ngga pusing parkir di tempat yang nyempil. Trus Agya ini hemat bahan bakar banget loh, teman saya yang punya Agya ini ngga pernah tuh sampai minta patungan BBM karena penunjuk bahan bakarnya ngga pernah berkurang satu strip pun dari jalan sampai balik lagi ke kantor. Ini dia cerita jelajah makan siang saya bersama teman-teman kantor, Bagaimana cerita makan siang kamu ?

48 comments:

  1. jadi inget pas masih ngantor di menara imperium. kita suka makan di amigos (agak minggir got sedikit hehe), dimana ada jajaran warung2 makanan disana. salah satu yang gua suka banget tuh makan sop iga... hmmmm

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya gak terlalu suka sop iga karena dagingnya suka keras dan kuahnya berlemak banget. tapi sop iga yang ini beda banget Man

      Delete
  2. di antara lima resto itu, belom ada yang sempat saya kunjungi :(
    padahal lokasinya deket hik hik hik

    tapi tertarik sama Kedai Kopi 89
    sering lewat dan ada nacho, jadi ingat waktu jajan di food truck :)
    he he he

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener. di Food Truck banyak yang jual nachos sekarang

      Delete
  3. mas mas...kamukok bisa makan siangnya ampe kemang sih hahahaha... aku walo kntor di sudirman, g bisa mkn jauh2.. malah makan itu hrs di dpn PC .. wkt kantor di Pd Indah, sebulans ekali bisalah mkn di luar kalo udh jenuh... tp ya itu, sebulan sekali ;p..

    btw, tempat mkn jakarta selatan emg juara lah ...skr aku udh tinggal di rawamangun sjk nikah... dan ga nemu tempat2 mkn seenak di sana ;)...btw aku jd ngiler liat sop iganya... ntr nyari ah..pas weekend tapi ;p ..hari kerja ga mungkin bgt -__-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dong mbak. kita mah kalo sibuk baru makan depan PC. tapi sibuknya mah jarang, banyakan santainya jadi banyakan menjelajah sih buat maksi. hahahahahaa

      Delete
  4. Wah aku jarang maennya daerah selatan...disana kayaknya asik2 ya tempatnya. Masalahnya jauh dan macett, perginya harus hari libur gitu nihh...jadi kepengen nyobain deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Ci, kalo weekend kudu deh nyobain kuliner Jaksel.. hehehehee

      Delete
  5. hihihi masalah kuliner ak gaptek eh apa istilahnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. apalagi aku mbak Lid :(

      Delete
  6. penasaran warung pak Tarja
    pdhal sering lewat RSPP..., sebelahnya satekah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan mbak, dia masuk ke dalem lagi deket Pasar Mayestik

      Delete
  7. lo deket senayan? kalo gitu bukber di GBK aja, ngabuburitnya lari2 lucu dulu... hahahaa seru tuh

    ReplyDelete
  8. Kapan kita ke sop iga Pak Tarja lagi? Gue aja yang nyetirin... :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. belajar nyetir dulu gih !!!!

      Delete
  9. AAAAAAAAAAAAAAKKK LAGI PUASA LIAT YANG BEGINIAN...

    \(*0*)/

    tega bener kak

    ReplyDelete
  10. semua makannya bikin ngiler, jadi pengen cepet-cepet buka puasa -___

    ReplyDelete
    Replies
    1. mohon dimaafkan yah. ngga ada maksud bikin ngiler kok :))

      Delete
  11. Wah, wisata kulineran ya, mas. Bikin ngiler aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha.. hanya jelajah makan siang kok :))

      Delete
  12. Waduuuh...
    untung BW nya pas udah malem iniiih...
    kalo lagi puasa, menderita akuuh!

    Etapi aku kayaknya bakalan gendut banget kalo ngantor di daerahmu lho mas bhahaha....

    ReplyDelete
  13. Ternyata di mayestik dan kemang banyak yang enak2nya ya

    ReplyDelete
  14. website ini selalu mnenghangatkan saya dalam membuat artikel, terimakasih atas wawasan yang anda berikan cukup mudah di pahami. Terimakasih banyak,..

    ReplyDelete
  15. Ngebayangin deskripsi sop iganya... Ngecesss. Marche tempatnya bagus tapi mahal dan makanannya ga ada rasanya wkwk. Foodhall penasaaraaan roast chickennya, dua kali ke sana, sekali udah habis, sekalinya kepagian jadi belom ready zzz

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sop iga selalu bikin ngences

      Delete
  16. sop iganya keliatannya mak nyuuus tenan, atau kehandalan tampilan foodphotographer nya nih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya mah bukan potograper. hahahaha

      Delete
  17. wah ane lagi libur makan siang gan hahaha,tapi ini sangat menggoda iman ane gan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya yang baca juga ngences nih. hahahaahha

      Delete
  18. hihi masukin ke list makan siang ahhh :P
    Makasih infonya, mas Arie :D

    ReplyDelete
  19. Terimakasih, postingan-nya sangat bagus sekali. Senang sekali berkunjung ke blog anda. saya bantu share ya gan? semoga dapat bermanfaat buat kita semua. Amin :D :D

    ReplyDelete
  20. selamat siang, ijin berkunjung dan berkomentar yaa,
    semoga iformasinya dapat bermanfaat dan menjadi kebaikan di bulan suci Ramadhan ini, aamiin

    ReplyDelete
  21. Bikin ngiler yang lagi puasa nih :G

    ReplyDelete
  22. Sop iga RSPP kayak nya menggoda banget, ajak aku kesana dong kak #please

    ReplyDelete
  23. artikelnya bagus dan asik dibaca,,, sukses selalu sob

    ReplyDelete
  24. Ntar kalau aku ke Jakarta trus kopdaran sama kamu, diajakin ke salah satu atau semua tempat di atas ya mas.. Semuanya kayaknya enaaaak.. Apalagi dimakan sekarang pas aku laper...

    ReplyDelete
  25. coba..... aku diajak makan2 keliling jakarta itu pake agya rie... :") yah yah yahhh

    ReplyDelete

Terima kasih....