17 June 2015

Konser Musik Syukur Atas Cinta Dan Kehidupan

Ada yang pernah mendengar Sanggar Anak Akar ? Kalau belum pernah akan saya beritahu sekilas. Sanggar Anak Akar merupakan alternatif model pendidikan untuk anak-anak, utamanya anak pinggiran, yang diselenggarakan secara nirlaba oleh anggota masyarakat yang peduli pada pengembangan kualitas pendidikan. Dalam kehidupan sehari-hari anak-anak pinggiran adalah anak-anak yang menjadi bagian dari keluarga urban miskin di Jakarta, anak yang hidupnya berada di bawah bayang-bayang ancaman kekerasan orang dewasa, termasuk anak yang terpaksa tinggal di jalanan atau tempat umum. 


November 1994 Sanggar Anak Akar diselenggarakan dengan tujuan menyediakan rumah yang nyaman dan aman bagi anak-anak untuk tumbuh dan berkembang menjadi manusia seutuhnya (fully human fully alive). Meskipun selama sepuluh tahun pertama Sanggar Anak Akar harus beberapa kali pindah dari satu rumah kontrakan ke kontrakan yang lain, namun proses komuniter, belajar dalam kebersamaan tetap intensif. Kesungguhan anak-anak dalam memanfaatkan ruang dan kesempatan belajar di Sanggar Anak Akar menggerakan hati banyak pihak. Tahun 2003 sejumlah sahabat akar, individu yang concern pada pendidikan model Sanggar Anak Akar, berinisiatif menggalang dana untuk mengadakan lahan dan bangunan. Dari usaha mulia tersebut tahun 2004 Sanggar Anak Akar atas nama Yayasan Anak Akar Indonesia memiliki tanah seluas 900 M2 dengan bangunan permanen baik untuk tinggal maupun untuk kelas.

Di atas kebaikan hati banyak pihak sekaligus dengan manajemen yang menekankan pada pendekatan humanis, keberadaan Sanggar Anak Akar  cukup diakui. Pengakuan dari banyak pihak terhadap Sanggar Anak Akar tidak saja sebagai sebuah model pendidikan anak, tetapi juga sebagai sebuah pendekatan estetik yang menguatkan gerakan budaya menuju perubahan kehidupan masyarakat yang lebih baik. Semakin tahun produk gagasan dan kreativitas Sanggar Anak Akar semakin mendapatkan tempat di bidang pendidikan komunitas maupun di bidang seni-budaya. Sampai saat ini tidak sedikit jumlah alumni Sekolah Otonom Sanggar Anak Akar yang memiliki kemampuan dan pengetahuan yang mampu bersaing dengan alumni dari institusi pendidikan lain.

Namun pencapaian Sanggar Anak Akar saat ini dihadapkan pada tantangan baru yaitu rencana pemerintah membangun jalan tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) yang akan menggusur lahan dan bangunan Sanggar Anak Akar di Cipinang Melayu. Rencana pemerintah itu sudah bergulir dari akhir tahun 90-an. Rencana saat itu hanya akan mengambil sebagian kecil dari lahan Sanggar Anak Akar. Dalam pertemuan terakhir di kelurahan Cipinang Melayu bulan April lalu, Camat Makasar menegaskan proyek pembangunan jalan Becakayu segera direalisasi di tahun 2015 ini. Sejauh ini informasi yang disampaikan menjelaskan bahwa proyek pembangunan jalan Becakayu akan mengambil sebagian besar lahan dan bangunan Sanggar Anak Akar.


Karena itulah Sanggar Anak Akar berusaha mengetuk hati rekan-rekan semua untuk perduli dengan mengadakan penggalangan dana. Kegiatan penggalangan dana ini bertujuan agar Sanggar Anak Akar bisa mendapatkan lahan dan bangunan baru yang akan digunakan sebagai lahan sekolah alternatif dan pusat pendidikan kreatif. Tentunya sebelum tempat yang mereka miliki sekarang terkena dampak pembangunan jalan tol tersebut. Salah satu kegiatan penggalangan dana yang akan dilakukan adalah dengan menggelar Konser Musik bertajuk Syukur Atas Cinta Dan Kehidupan yang akan diselenggarakan pada tanggal 27 Juni 2015 yang akan berlangsung di Teater Jakarta - TIM Cikini Jakarta. 


Materi utama konser adalah komposisi pilihan yang diambil dari koleksi beberapa karya Teater Musikal produksi Sanggar Anak Akar. Sebagian besar komposisi akan digarap ulang oleh komposer-komposer muda Sanggar Anak Akar. Sebagian lain akan diinterpretasi dan digubah oleh komposer dan musisi Sahabat Akar serta musisi dari Institut Kesenian Jakarta. Beberapa artis atau penyanyi professional akan menginterpretasi komposisi lagu-lagu Sanggar Anak Akar dalam penampilan mereka, baik dalam solo vokal maupun paduan suara. Selain konser, juga akan diadakan Lelang Karya anak-anak Sanggar Akar.

Yuk ajak teman-teman kamu dan keluarga menyaksikan konsernya. Karena tiket yang terjual semuanya akan didonasikan untuk mendapatkan lahan baru dan membangun gedung baru untuk kegiatan anak-anak Sanggar Akar. Harga tiket yang tersedia mulai dari Rp.150.000,- untuk Reguler A, Rp.300.000,- untuk Reguler B, Rp.500.000,- untuk VIP dan Rp.1.000.000,- untuk VVIP. Sila hubungi :

STUDIO SANG AKAR
Jl. Tebet Dalam 1 No. 22 Jakarta Selatan
Email sangakar.manajemen@gmail.com
Account Bank: BCA
No. rek: 4960167711 a/n Susilo Adinegoro - Albertus Ari

Kontak Marketing - Sponsorship & Ticketing:
(021) 8370 9039/40

16 comments:

  1. Semoga anak=anak bisa mendapatkan tempat belajar lagi ya

    ReplyDelete
  2. Gua pernah nonton Bonita dan Navicula, sisanya gak tahu. Ini acaranya menjelang taraweh, pas taraweh apa sesudah taraweh Rie

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelum buka Cip, jam 3 sore

      Delete
  3. Semoga Sanggar anak akar ini cepat dapat tempat yang lebih baik dan nyaman sebelum digusur... Dan semoga konsernya nanti berjalan sukses dan banyak sumbangan dana bagi mereka... Aamiin

    ReplyDelete
  4. Wah acara yang sangat spesial banget ya, makasih udah di posting :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo nonton konser bareng Man :)

      Delete
  5. wah acaranya seru ya...pasti menarik banget nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo beli tiketnya :)

      Delete
  6. Baru tahu tentang Sanggar Anak Akar. Bagus misi acaranya ini ya, Rie. Makasih infonya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama mbak Haya :)

      Delete
  7. pernah ngajak anak-anak nonton pertunjukkan sanggar anak akar dan mereka suka. Tapi, belum kesampaianaja ngajakin mereka main ke sanggarnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo mbak ajak Keke Naima nonton konser ini :)

      Delete
  8. tebet dalam? deket rumah Una duonk ya mas..

    ReplyDelete
  9. tgl segitu aku udh ada acara -__-... tp semoga yg nonton nantinya banyak ya mas...

    ReplyDelete

Terima kasih....