31 July 2015

Tips Dasar Fotografi

Sebagai seorang blogger, update blog tentunya adalah sebuah keharusan. Ngga mau dong para pembaca blog kita lari karena blog yang jarang di update ? Oleh sebab itu mengupdate blog dengan isi yang asyik dan enak dibaca pastinya sebuah keharusan. Karena saya bukan tipikal penulis yang jago merangkai kata, maka saya selalu melengkapi tulisan saya dengan foto-foto untuk memperkuat imajinasi pembaca blog saya. 

Tapi sering kali saya tidak pede dengan hasil foto yang saya ambil untuk melengkapi postingan di blog. Lah, kalau saya saja tidak pede dengan hasil foto-foto yang akan saya pajang di blog, bagaimana orang lain bisa menikmatinya ? Misalnya, saat traveling saya berusaha mengambil foto supaya hasilnya bisa mendekati foto-foto pro yang saya lihat di website atau majalah. Tapi yang ada saya malah keder karena ternyata hasil jepretan saya malah jauh dari kata bagus dibandingkan dengan foto-foto pro tersebut. Kan jadi bikin males buat update blog.

Sumber foto : Gohitzz.com
Untungnya saya sempat membaca artikel mengenai acara photography coaching clinic yang diadakan oleh Dell dan mengusung tema Capturing Your #EveryDELLife. Narasumber acara tersebut diantaranya yaitu Raja Siregar dan Nurulita. Dari tips duo fotografer muda ini saya jadi belajar banyak hal. Misalnya :

1. Tidak perlu memusingkan kamera apa yang saya gunakan untuk memotret. 

Ini bener banget. Selama ini saya sering banget kepikiran mengenai kamera yang saya gunakan. Pakai kamera smartphone malu sama yang pakai kamera poket, sudah pakai kamera poket malu sama yang pakai kamera DSLR, sudah pakai DSLR mau pakai kamera mirrorless, trus pengen punya lensa yang keren. Selalu saja begitu. Padahal menurut Nurulita, memotret itu harus memakai rasa. Karena dengan rasa, orang yang melihat foto kita juga akan merasakan nyawa dari foto tersebut. 


2. Hindari foto outdoor sekitar pk.11.00 - 14.00

Saya jarang memperhatikan hal-hal seperti ini saat foto. Padahal hal-hal seperti ini akan mempengaruhi hasil foto yang diambil. Menurut Raja Siregar, sekitar pk.11.00 hingga pk.14.00 matahari sedang berada di atas. Sebaiknya mengambil foto lebih pagi atau lebih sore sehingga pencahayaannya akan jauh lebih baik.


3. Memotret model tidak sama dengan memotret benda mati

Memotret model bisa jadi hal yang belum tentu bisa dilakukan oleh semua fotografer. Dibutuhkan komunikasi antara fotografer dan model supaya model dapat menangkap maksud dari sang fotografer. Fotografer juga harus membuat suasana pemotretan menjadi nyaman bagi model. 


4. Sentuhan akhir foto dengan melakukan editing

Yang tidak kalah penting untuk dilakukan setelah melakukan pemotretan adalah melakukan editing. Biasanya semua hasil foto akan di transfer ke laptop untuk selanjutnya dipilih foto mana yang terbaik yang kemudian akan dilakukan proses editing. Editing diperlukan untuk memperkuat warna dan mempertajam rasa. 

Ngomong-ngomong soal laptop untuk edit foto nih, PT.Dell Indonesia baru saja meluncurkan dua produk baru yaitu XPS 13 dan XPS 15 dimana keduanya diklaim memiliki ketajaman gambar paling tinggi saat ini. Tentunya hal ini dapat menunjang proses editing foto di laptop. Cocok banget deh buat yang suka fotografi dan hobi mengedit hasil fotonya Mudah-mudahan dengan tips dari acara #EveryDELLife ini akan bikin saya semakin semangat untuk jeprat-jepret da menyajikan foto-foto yang lebih baik di blog ini, Aamiin...

14 comments:

  1. Huwaa baru tau ada jam jam tertentu yg harus dihindari agar dapat lighting yg bagus..

    Thanks tulisannya kak!

    ReplyDelete
  2. dari dulu suka sama merek dell,
    secara, fiturnya emang kualitas banget
    meski, harganya yang luar biasa :)

    he he he

    ReplyDelete
  3. sering banget pas moto makanan jam 10an sampai hampir jam 11an,hasilnya memang beda bangett pencahayaannya antara jam 10 sma yang deket jam 11..

    ReplyDelete
  4. Wuah, saya kurang ahli editing maaaas
    jadinya, foto seadanya yang nongol di blog.
    Tapi, memang sedang proses memotret dengan baik, insha Allah

    ReplyDelete
  5. Oohh baru tau ada jam2 yg harus dihindari waktu foto outdoor kak. Aku blogger aspret sihh...asal jepret x))))

    ReplyDelete
  6. Yang pertama bener banget hehe ga pernah puas, maunya yg lebih2 terus :D

    VONNYDU

    ReplyDelete
  7. Makin sukses untuk websitenya, kami akan selalu mengikuti dan hadir sebagai sahabat yang baik. Terimakasih banyak, pak/bu

    ReplyDelete
  8. Kalo pake foto, blog nya jd lbh enak dibaca ya :)

    ReplyDelete
  9. aku biasanya pakai cahaya matahari biar ga pake lampu2 tapi emang bagusnya sore ya

    ReplyDelete
  10. Foto memang elemen yang penting dari suatu posting dan blog ya, hehe. Menurutku sih foto tidak harus berkualitas tinggi layaknya hasil jepretan fotografer profesional. Untuk blog biasa sih rasanya asalkan bisa menyatukan foto dan isi posting, rasanya sudah cukup deh, hehehe. Eh, kecuali kalau blognya memang berupa blog portofolio hasil jepretan sendiri sih. Ini mah jelas beda, hahaha

    ReplyDelete
  11. aku harus belajar banyak nih buat moto bagus, biasanya asal jepret aja

    ReplyDelete
  12. aku jg lg bljr utk mgambil foto yg lbh bgs mas..selama ini rada ngasal ;p

    ReplyDelete

Terima kasih....