06 August 2015

[Review Hotel] Mercure Hotel Banjarmasin

Beberapa waktu yang lalu saya sempat menuliskan cerita perjalanan menuju kota Banjarmasin untuk menghadiri peresmian Rumah Belajar Samsung Banjarmasin . Dalam perjalanan tersebut, rombongan media dan blogger dari Jakarta diinapkan di Mercure Hotel Banjarmasin. Senang banget karena hotel ini belum pernah saya inapi sebelumnya. Jadinya punya cerita baru lagi untuk dituliskan di blog ini. Yuk ah kita lihat apa saja kelebihan hotel ini.

Mercure Hotel Banjarmasin ini merupakan hotel bintang 4 dengan lokasi yang strategis. Yang paling saya suka adalah lokasi jadi satu dengan Duta Mall Banjarmasin. Kalau bosan di hotel atau mau janjian sama teman tinggal janjian di Duta Mall saja. Yang saya kurang suka dari hotel ini pintu masuknya agak bikin bingung. Apalagi buat rombongan kami yang naik bus. Kita harus turun di mall, lalu mengelilingi mall untuk menuju lobby hotel. Kalau naik mobil kecil masih bisa masuk sampai depan pintu masuk hotel. Mudah-mudahan rencana Mercure Hotel Banjarmasin untuk punya akses masuk dari pinggir jalan langsung tanpa masuk mall bisa segera terwujud. Lobby hotelnya sendiri sangat luas menurut saya. Pencahayaan di meja resepsionis maupun di lobby, cukup membuat saya dan teman-teman sering memanfaatkan area ini untuk berkumpul dan ngobrol bareng.

Masih di area lobby, kita bisa melihat beberapa alat musik khas Banjarmasin. Dalam kunjungan sebelumnya ke Banjarmasin, saya sudah pernah mendengarkan pertunjukkan musik khas ini secara langsung. Jadi walaupun saat di hotel, tidak ada yang bermain alat musik ini setidaknya saya sudah pernah menyaksikan sebelumnya. Oh ya, di lobby hotel juga terdapat display kain khas Banjarmasin dan aneka batu-batuan yang banyak dijumpai di sini. Harganyapun termasuk murah loh. Siapa berminat ?

Area koridor menuju kamar memiliki pencahayaan yang baik dan cukup meriah dengan perpaduan warna-warna lembut. Buat yang penakut dijamin tenang lah melintasi koridor hotel meskipun tengah malam sekalipun. Hahahaha...

Kamar tidurnya sih menurut saya ngga terlalu luas yah. Ranjang twin bed yang berada di kamar saya saja terkesan mepet banget. Apa mungkin perasaan saya saja yah karena bisa pakai ranjang king size ? Tapi walaupun begitu saya suka kasur kamar hotel yang empuk dan bikin tidur saya pulas malam itu. 

Meja kerja di Mercure Hotel Banjarmasin ini berdiri sendiri. Tidak jadi satu dengan meja TV atau meja untuk meletakkan pemanas air berserta kopi, gula dan teman-temannya. Tapi tetap saja belum membuat saya tergerak menggunakannya. Saya tetap bekerja membuka laptop di kasur seperti biasanya. Hahahahaha.. TV LCD berukuran cukup besar menampilkan gambar dari channel TV berlangganan yang jernih dan membuat mager di kamar.

Fasilitas lain dalam rasanya tidak jauh berbeda dengan yang ada di hotel-hotel lain yang pernah saya review sebelumnya. Ada safe deposit box tentunya, lalu ada jubah mandi yang berbahan dasar kain batik. Mestinya dengan bahan handuk yang menyerap air sehabis mandi. Kalau yang ini habis dipakai mandi langsung basah dong. Kecuali kalau sudah handukan di kamar mandi dan sudah kering trus baru di pakai, Lah trus buat apa dong. Gagal paham jadinya. Lalu ada pemanas air berserta teman-temannya untuk membuat minuman panas di dalam kamar. Lalu dalam kulkas ada beraneka minuman dan cokelat. Dan taraaa... Kulkasnya terkunci. Sebenarnya tingal telpon room service dan minta request bukain sih, Tapi sudahlah... 

Kamar mandinya juga tidak terlalu luas. Tapi cukuplah dengan segala fasilitas air panas yang bikin segar saat habis jalan-jalan keliling Banjarmasin. Dua buah handuk tebal dan ada telepon tersedia di dalam. Siapa tahu kan ada yang telpon sewaktu lagi mandi. Jadi ngga perlu keluar kamar mandi untuk mengangkat telepon. Tapi siapa yang mau telepon ?? Aku kan... ah sudahlah. 

Toiletries yang tersedia saya pikir cukup lengkap bagi saya yang dalam perjalanan kali ini tidak membawa toiletries sendiri. Sabun, shampoo, sikat gigi dan odol tersedia. Plus sisir maka itu buat saya lengkap. Ehh ada hair dryer pula. Yak lebih dari lengkap. Soalnya hair dryer kan berguna banget untuk mengeringkan..... badan. Hahahaha...

Sarapan pagi berlangsung di D'Lotus Restaurant yang berada satu lantai dengan lobby. Ruangan restaurant didominasi warna pink yang sepertinya merupakan warna kebangsaan Mercure Hotel. Eh wait.. ini pink atau agak ke magenta yah warnanya ? Yah pokoknya begitulah kira-kira warnanya. Makanan yang tersedia cukup beragam. Sayangnya kami agak kesiangan sarapan karena jalan-jalan subuh dulu mengunjungi Pasar Terapung Muara Kuin . Jadi ketika kami sampai di hotel dan sarapan, ada beberapa makanan yang tinggal sedikit dan belum ditambah lagi,

Diantara menu-menu khas hotel yang terhidang untuk sarapan, terselip beberapa menu tradisional seperti Soto Banjar dan Lotek. Menggugah selera banget kan ?

Sarapan pagi di hotel itu ngga perlu banyak-banyak. Cuku sedikit saja. Sedikit-sedikit tapi mencicipi semua hidangan yang ada maksudnya. Hahahahaha.. Ya.. ya.. begitulah saya. Padahal di pasar terapung baru makan Soto Banjar dan sate ayam, eeh di hotel langsung tancap gas lagi. Ogah rugi banget sih anaknya...

Bagian terbaik dari Mercure Hotel Banjarmasin menurut saya adalah kolam renangnya. Kolam renangnya kece banget. Melingkari pulau kecil dengan pohon kelapa dan pondok di tengah-tengahnya. Saya betah banget nongkrong lama-lama di kolam ini. Sayang waktu itu ada acara party di resto sebelah kolam renang. Jadilah saya menyingkir karena ngga diundang. Ngga disuruh pergi sih, tapi saya kan tahu diri anaknya.. 

Dan tempat yang biasanya wajib saya kunjungi di hotel adalah fitness center. Biasanya ? Iya.. biasanya. Berhubung acara kami cukup padat di Banjarmasin, saya hanya sempat mengunjungi tempat gym hanya untuk berfoto. Fasilitas gym di hotel ini cukup lengkaplah. Segala latihan yang biasa lakukan bisa saya terapkan di sini. Top markotop lah..

Itu dia sedikit cerita pengalaman menginap saya di Mercure Hotel Banjarmasin. Yang bisa saya bilang sih, hotel ini adalah salah satu hotel terbaik di Banjarmasin. Apalagi lokasinya yang strategis banget. Jadi kalau teman-teman sedang berkunjung ke Banjarmasin, bolehlah menginap di sini. Langsung datang atau reservasi ke :

JL Achmad Yani KM 2 N 98 Banjarmasin
Tel : (+62)511/3268888
Fax : (+62)511/3265000

58 comments:

  1. Ecyee, header blognya baruuu.. dan aku suka yg ini!

    Hotelnya bagus. Kira2 berapa ya nginep di situ.. setahun? #eh

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih Ndop.. kemarin abis rombak kecil blog biar lebih rapi aja

      Delete
  2. Diinapkan berarti gratis dong ri? Enaknyaaa....

    ReplyDelete
  3. Kece banget....aku suka kolam renangnya

    ReplyDelete
  4. Suka kolam renangnya

    ReplyDelete
  5. interior desainnya bagus, unik

    ReplyDelete
  6. baju mandinya batik ya?
    bole dibawa pulang? :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa sih. tapi bayar tentunya. kalo sendal mah gratis. hahahahaha

      Delete
  7. ampe ada jual batu akik segala hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, Banjarmasin kan memang salah satu tempat penghasil batu-batuan

      Delete
  8. nice post gan, artikelnya keren dan enak dibaca senang berkunjung kemari. saya tunggu postingan berikutnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih atas kunjungannya :)

      Delete
  9. betah banget tuh kalau nginap di Mercure Hotel Banjarmasin

    ReplyDelete
    Replies
    1. tentunya.. sayang waktunya terbatas untuk leyeh leyeh di hotel

      Delete
  10. Kalau aku sih lebih suka ngeliat menu-menu makannya aja. Kalo enak-enak dan sesuai selera, berarti hotelnya masuk list aku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihihihi... aku juga gitu sih sebenernya. makanya aku selalu baca review dulu sebelum booking hotel

      Delete
  11. Waa reviewnya keren dan komprehensif banget Mas. Keren ya hotelnya, bintang empat rasanya cocoklah dengan fasilitas selengkap ini. Saya belum pernah menginap di hotel yang menempel dengan mal, mungkin saya bisa jadi konsumtif banget kalau dapat kesempatan menginap di sana, habisnya belanja terus :hehe. Poin plus bagi saya dari review ini sih makanan hotelnya dan ketersediaan hair dryer serta telepon di kamar mandi, soalnya kadang banyak yang bisa saya keringkan :haha *kabur*.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kamu apa yang banyak dikeringin sih Gara ??? #kepo

      Delete
  12. sedikit-sedikit tapi banyak ya hehehe. Aku kok gak pernah ya bisa sampai nyicipi semua udah full perut

    ReplyDelete
  13. walo sama2 bintang 4, tp kyknya ga semantep mercure yg di jkt ya? aku ngerasanya kok gitu kalo liat foto2nya :D..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau kamarnya iya mbak, tapi lobby area dan kolam renang aku rasa lebih oke

      Delete
  14. bintang 4?
    sama kayak rattan in
    sejauh ini baru itu doang yang saya singgahi waktu tugas di banjarmasin

    wow, ada lotek juga, makanan favorit saya :)
    he he eh

    ReplyDelete
    Replies
    1. hotel sekarang memang banyak yang menyajikan makanan tradisonal di menu sarapan mas

      Delete
  15. keren banget, ko g poto-poto

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahahahah.. ada sih, tapi hasilnya ngga kece

      Delete
  16. Kolam renangnya kece banget

    ReplyDelete
  17. enak banget tuh kalau nginap di Mercure Hotel Banjarmasin...
    hotelnya sangat indah...bgt jga dengan pelayanan nya sangat baik...
    makasih gan infonya...mantap..

    ReplyDelete
  18. Enak ya jadi mas Goiq, kerjaannya jalan2 mulu... hehe

    Oh ya mas, Hotel Mercure memang masuk jajaran hotel yang berkelas, dan sudah mendapat nama tersendiri di mata masyarakat. Jaringannya juga sudah cukup luas dan besar. Di kota asal saya, Padang. Hotel ini juga ada berdiri. Berada di daerah Tepi pantai gitu... Fasilitas nya lebih kurang sama dengan hotel Mercure Banjarmasin yang mas ceritakan ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya saya pernah ke Mercure Padang walau belum pernah menginap. waktu tugas kesana janjian ketemu teman di lobby nya :) . Mudah-mudahan lain waktu bisa menginap di sana dan menuis review nya di blog ini.

      Delete
    2. Di tunggu reviewnya mas :D

      Delete
    3. siaap.. doakan saja segara ada dinas ke Padang

      Delete
  19. ehmmm bagi2 fotonya donk Rie :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. mau yang mana Man ?

      Delete
  20. Wiiiik mercure rek :D kamar mandi nya ada bathub ngga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang aku tempati sih ngga ada mbak. Ngga tau deh kalau yang tipe lebih tinggi

      Delete
  21. Salah fokus sama header nya
    *eh

    hahahaha

    Wahhh ini mah jauh banget di atas hotel mercure padang.
    lebih gede dan lebih bagus
    berdasarkan foto aja sih. entah aslinya emang gitu atau kak ari jago ngambil fotonya haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo gede mungkin terlihat lebih luas di Banjarmasin, tapi kalo bagus sih aku pikir sama aja lah...

      Delete
  22. kalau mereview selengkap ini, kamu perlu waktu berapa lama untuk mengobservasi, mas? hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngga pernah ngitung sih mas... pada dasarnya sih tempat yang aku suka dan sekiranya orang orang suka juga aja yang aku review

      Delete
  23. Tau gak sih hair dryer di hotel biasanya aku pake buat apaaa? Buat badan jugaaaa terutama daerah punggung. Jadi abis capek jalan-jalan, mandi, malemnya semprot punggung pake hair dryer. Langsung sendawa terus. BYE MASUK ANGIN!! Ngahahaha xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahahaha...asyik yah

      Delete
  24. aduh mas, itu kolam renangnya bombastis banget keliatannya. Keren! Asik banget kalo bisa lompat dari jembatannya. uuu :DD

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayang aku ngga bisa berenang :(

      Delete
  25. artikelnya bagus sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  26. artikelnya bagus , sangat bermanfaat.. thanks atas infonya

    ReplyDelete

Terima kasih....