20 September 2015

Menikmati Lontong Orari Khas Banjarmasin

Masih dalam rangka kunjungan ke kota Banjarmasin beberapa waktu yang lalu, saya dan rombongan berkesempatan mencicipi salah satu kuliner khas Banjarmasin yang bernama Lontong Orari. Kebetulan dalam kunjungan saya sebelumnya ke Banjarmasin saya belum berkesempatan mencicipi kuliner yang satu ini. Jadilah saya sangat antusias untuk mencicipi Lontong Orari ini. Rumah makan ini awalnya buka 24 jam, tapi kabarnya sekarang sudah tidak buka 24 jam lagi, Walaupun tidak buka 24 jam lagi, tapi rumah makan ini buka hingga tengah malam. Malah puncak keramaian tempat ini justru di malam hari. 

Kebetulan ketika sampai di sana, saya sedang kebelet buang air kecil. Langsung saja permisi ke belakang dan melewati bagian dapur. Setelahnya saya izin foto-foto bagian dapur. Ada 2 bagian dapur yang saya lihat, yang pertama adalah bagian yang berisi lontong yang siap untuk disajikan. Sedangkan bagian kedua adalah bagian tungku yang berisi kuah lontong dan menu lauknya. Lontongnya sendiri dimasak lebih dari 5 jam untuk mendapatkan cita rasa yang enak. Dalam sehari Rumah Makan Lontong Orari ini memasak 1000 buah lontong, 50 kilo ikan gabus ( haruan ), 10 kilogram telur dan sekitar 30 ekor ayam. Banyak banget yah...

Lontong + Ikan Haruan
Lontong + Ayam
Nasi Kuning + Ayam
Ini dia nih menu andalan rumah makan Lontong Orari ini, ada Lontong dengan lauk ikan haruan. Kalau tidak suka ikan, teman-teman bisa menggantinya dengan lauk ayam. Tidak suka lontong ? Jangan sedih, rumah makan ini juga menyediakan menu Nasi Kuning dengan lauk ikan haruan, ayam atau telur. Kalau porsinya dirasa kurang nampol, rumah makan ini menyedikan beberapa opsi yang bisa dipilih. Kita bisa mememesan lontong dengan lauk ikan haruan dan telur atau lontong dengan lauk double ikan haruan, double ayam, atau double telur, Mantap kan ? Bentuk lontongnya sendiri sangat unik loh. Kalau biasanya kita melihat lontong berbentuk memanjang atau dalam daun kelapa seperti ketupat. Kalau di Banjarmasin bentuk lontongnya seperti segitiga memanjang. Kuahnya sendiri bercita rasa gurih sedikit manis dan berpadu dengan cita rasa sedikit pedas tapi gurih yang berasal dari kuah lauknya yang berwarna kemerahan. Pokoknya enak banget deh. 

Nah kalau teman-teman punya rencana berkunjung ke kota Banjarmasin dalam waktu dekat, tempat kuliner yang satu ini wajib banget buat didatangi. Dijamin ngga bakalan nyesel mencoba salah satu kekayaan kuliner Banjarmasin yang satu ini. Langsung saja datang ke :

Rumah Makan Lontong Orari
Jl. Sebrang Masjid ( Kampung Melayu ) Banjarmasin

36 comments:

  1. Hmmmmm aku baru makan lontong beberapa hari yg lalu kak :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas Cum aku tahu gara-gara baca blognya Fahmi.. trus inget aku belum nulis Lontong Orari ini. wakakakakaka

      Delete
  2. ngenceees....itu lontongnya besak nian yo riii.....kalau ikan, aku doyaan..moga ada kesempatan kesana, aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin... Semoga yah Dew :)

      Delete
  3. lamak niah... enak kayaknya.. *ngiler... kalo ke banjar mesti coba nih..

    ReplyDelete
  4. ngiler liatnya, hmm
    enak mana lontong atau nasi kuningnya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku sih suka lontong nya dong :)

      Delete
  5. ikan haruan itu jenis ikan apaan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ikan gabus mas. itu ikan air tawar

      Delete
    2. wah ya enak tenan itu ikan gabus..
      sudah jarang sekali saya makan ikan gabus di jakarta..

      Delete
  6. Mau dong, dikirimin lontong orarinya...

    Best regard,
    Adi Pradana

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo ke Banjarmasin :)

      Delete
  7. Gede banget lontongnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, beberapa teman yang cewe lebih memilih menghabiskan seporsi berdua :))

      Delete
  8. beberapa tahun lalu udah pernah nyicipin
    rasanya agak sedikit beda dari yang di jakarta :)

    eh tertarik sama banner resto-nya mas
    ada iklan provider segala
    he he he

    ReplyDelete
    Replies
    1. di Jakarta ada di mana mas ? aku pengen nyobain nih

      Delete
  9. Di kota saya ada namanya lontong malam. Khusus jualan lontongnya malam saja - sampe pagi. Hiburannya nonton khusus siara bola saja. Tapi saya belum sempat foto gambar penampakan lontong malam tersebut.

    Salam dari Padang.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah saya mau cobain ah kalau ke Padang lagi nanti :)

      Delete
  10. Bentuk lontongnya sengaja dibikin beda ya.
    Jadi lapar lagi nih. Aku suka banget lontong.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, bentuk lontongnya unik yah :)

      Delete
  11. dohhhh, baca beginian pas lagi puasa *elus perut yang six pack* haha. tapi ini bentuk lontongnya buaeda ya dari yang lain. unik gimana gitu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. maafkan yah mas.. ngga maksud bikin puasamu ngga khusyuk :P

      Delete
  12. waduh siang-siang nyuguhi makanan gini gak sopan nih arie :-D kiriminnnnn

    ReplyDelete
  13. Duh ngiler :9

    Kalau di sumatera barat lontong khas nya lontong batipuh
    gak kalah enaaakkkk

    ReplyDelete
  14. euh nikmatnya udah kebayang

    ReplyDelete
  15. Kebaca sama gw lontong oral. Lalu bentuk lontongnya seperti itu. Astaghfirullah. *cuci muka*

    Ikan Haruan itu memang khas Banjarmasin atau gimana Bang? Aku baru dengar nama ikan itu. Dan tampak seperti daging rendang.

    ReplyDelete
  16. sorry I helped to establish the link.
    your website is very good and this article is very useful.
    good luck and always success for your blogging.
    OBAT PSORIASIS
    OBAT PENGHANCUR POLIP RAHIM
    OBAT BENJOLAN DI VAGINA
    PENGOBATAN HERBAL ALTERNATIF TERBAIK
    GREEN WORLD GLOBAL

    ReplyDelete
  17. Kayaknya enaak! Tapi agak jiper juga soalnya penampakannya juga cukup pedas, hahaha

    ReplyDelete
  18. Semua postinga artikelnya sangat menarik untuk di simak, mohon kunjungi juga website kami, kami tunggu. terima kasih. :D

    ReplyDelete
  19. Kuliner nusantara kaya citarasanya. Jadi makin cinta masakan kita ... :-)

    ReplyDelete
  20. besok sudah datang Idul Adha yang kita tunggu ya gan?? Semoga anda yang beragama islam menjalankan Puasa Arafah hari ini, keep posting, thanks. Salam.

    ReplyDelete
  21. enak ga mas? kmrn baca blognya mas cumi, katanya ga cocok ama dia rasanya ;D.. Aku sndiri blm prnh coba sih

    ReplyDelete
  22. lontong ini memang enak banget. saya yang blom pernah coba tapi sudah banyak dengar cerita tentang nikmatnya lontong ini. mudah2an suatu saat nanti saya dapat mencoba lontong ini

    ReplyDelete

Terima kasih....