05 October 2015

Tips Family Trip Ke Bali

Lebaran yang lalu saya habiskan bersama keluarga besar dari pihak ayah saya berlibur ke Pulau Dewata. Saya dan saudara-saudara sepupu dari pihak ayah yang tumbuh bersar bersama di Palembang ini memang termasuk sangat dekat. Tapi kedekatan itu belum pernah diwujudkan dalam sebuah liburan keluar kota bersama. Selama ini kami hanya berkumpul di Palembang setiap lebaran atau berkumpul di Jakarta kalau ada acara keluarga. Belum pernah kami habiskan untuk keluar kota bersama untuk liburan. Maka terciptalah ide untuk liburan ke Bali bersama. Setelah rembugan dan urun ide sana sini, akhirnya terwujudlah liburan keluarga ini. Dan karena piknik itu penting, maka semua harus dipersiapkan sebaik mungkin loh. Berikut adalah beberapa tips family trip yang seru ala keluarga besar saya :

1. Cari Waktu Yang Tepat

Karena ini liburan keluarga yang diikuti oleh banyak kepala, tentu saja memilih waktu yang tepat sangat penting supaya bisa semakin banyak anggota keluarga yang ikutan. Kalau biasanya kami menghabiskan liburan lebaran untuk pulang kampung ke Palembang atau berkumpul di Jakarta, maka kali ini kami memilih untuk pergi ke Bali. Lebih dari 30 anggota keluarga ikut serta dalam liburan ini. Family Trip ini terbagi dalam 2 kloter, dimana rombongan keluarga dari Palembang berangkat langsung dengan pesawat Garuda sedangkan rombongan keluarga dari Jakarta berangkat langsung dengan menggunakan maskapai Citilink. Selisih waktu tiba di Bali kalau bisa jangan terlalu jauh supaya tidak terlalu lama menunggu yang membuang banyak waktu.

2. Persiapkan Semua Hal Sebelum Tiba di Bali

Setelah mengetahui berapa orang yang akan ikutan family trip ini, tentu saja sejumlah persiapan harus dilakukan dari jauh-jauh hari. Mengingat ini family trip, tentu saja tidak semua anggota keluarga memiliki fisik yang prima. Ada beberapa orang uwak yang tetap semangat ikutan meskipun sudah lanjut usia. Banyak pula balita yang tentu saja butuh perhatian dan printilan yang tidak sedikit. Salah satu yang kami pikirkan adalah mencari kursi roda. Kalau membawa dari Palembang tentu saja sedikit merepotkan, maka kami memutuskan untuk memesan kursi roda dari Bali. Karena ini liburan keluarga, maka partsipasi dari anggota keluarga lain untuk membantu mendorong kursi roda ini tentu saja wajib hukumnya dan tidak perlu disuruh. 

3. Pilih Transportasi

Oh ya, dalam family trip ini kami menggunakan jasa seorang pemandu yang membantu menyiapkan semua kebutuhan kami di Bali. Jadi kami tinggal menyusun rencana mau ke mana, naik apa, menginap di mana dan catatan printilan yang kami butuhkan di Bali. Maka semua sudah tersedia begitu kami tiba di Bali. Nah untuk transportasi, karena liburan di Bali identik dengan mobilitas tinggi sementara jumlah anggota keluarga yang ikutan terbilang besar, maka kami memilih menggunakan bus sebagai armada selama berada di Bali. 

4. Sesuaikan Tempat Makan Dengan Tujuan Trip

Tempat makan adalah satu poin yang harus dipikirkan masak-masak sebelum hari H. Karena jauh-jauh datang ke Bali tentunya kita ingin makan masakan khas yang rasanya enak dan dengan harga terjangkau kan ? Beberapa survei harus dilakukan dan minta rekomendasi dengan guide  untuk menyesuaikan tempat makan dengan jadwal trip yang akan dilakukan. Oh ya, jangan lupa ingatkan guide untuk memilih tempat makan yang halal bila berasal dari keluarga muslim. Dan mengingat ini adalah trip dengan banyak kepala di dalamnya, kami berusaha sebisa mungkin untuk menelpon tempat makan untuk menyiapkan makanan selagi dalam perjalanan. Sehingga begitu kita sampai di tujuan, makanan sudah terhidang di atas meja dan tinggal bersantap. Akan jauh lebih menghemat banyak waktu.

5. Pilih Tempat Menginap Yang Asyik Untuk Berkumpul

Tentunya akan sangat menyenangkan bila kita memilih tempat menginap yang memungkinkan anggota keluarga untuk bisa berkumpul bersama. Karena itulah kami tidak merencanakan menginap di hotel melainkan di villa atau town house. Meskipun anggota keluarga mendapat kamar yang terpisah dalam setiap unit town house, tapi adanya area living room dan pondokan di pinggir kolam renang membuat semakin banyak tempat untuk kumpul bersama diluar acara yang sudah ditetapkan. Oh ya, kalau kalian memiliki keluarga besar yang suka membawa makanan untuk dimakan bersama, adanya dapur lengkap dengan peralatannya di setiap unit sangat memungkinkan untuk memasak makanan sendiri di penginapan. 

6. Sesuaikan Tujuan Wisata Dengan Kondisi Anggota Keluarga

Hal berikutnya yang tidak kalah penting untuk dipikirkan adalah memilih tempat wisata yang akan didatangi. Mengingat rombongan keluarga kami terdiri dari para manula, anak-anak muda yang gagah dan para balita kinyis-kinyis, maka memilih tempat wisata yang bisa dinikmati semua anggota keluarga adalah wajib hukumnya. Buang dulu deh ego mau kesana atau kesini yang ternyata hanya bisa dinikimati oleh segelintir orang saja. Bagaimanapun harga kebersamaan ini jauh lebih mahal daripada uang yang kita keluarkan untuk ke Bali. Jadi biarkan kebersamaan menjadi landasan tujuan liburan kali ini. Kalau mau pergi ke tempat yang menantang, pergilah lain kali sendirian atau bersama teman-teman saja. 

7. Cari Tempat Liburan Dengan Pilihan Opsi

Bali menyediakan banyak alternatif tempat wisata dalam satu area. Karena itu kita bisa memilih tempat-tempat dengan berbagai opsi. Salah satunya adalah Pantai Kuta. Ketika para orang tua dan para balita ingin berenang dan bersantai di pinggir pantai, maka kita bisa memilih membawa mereka ke Pantai Kuta, sementara yang ingin jalan-jalan bisa berkeliling ke Beachwalk atau tempat-tempat lain yang berada tepat di seberangnya. Tinggal komitmen mengatur waktu untuk berkumpul kembali sesuai kesepakatan, maka semua keinginan bisa kita capai hanya dengan berkunjung ke satu area. Klop !

8. Susun Jadwal Malam Untuk Yang Lebih Muda

Para orang tua dan balita kinyis-kinyis biasanya lebih memilih untuk bersantai atau tidur di penginapan setelah jam makan malam, sedangkan gejolak kawula muda suka tak tertahankan untuk tetap melangkahkan kaki ke tempat hiburan malam. Karena itulah merencanakan jadwal tersendiri untuk nongkrong malam hari bersama saudara-saudara bisa untuk diatur diluar jadwal yang ada. Nongkrong di cafe atau restaurant hits di Bali rasanya cocok untuk dilakukan bersama-sama di malam hari.

9. Tempat Oleh-Oleh Serba Ada

Membeli oleh-oleh rasanya sulit dilewatkan kalau bepergian bersama para orang tua. Kalau yang lebih muda mungkin masih bisa untuk melewatkan tempat oleh-oleh, tapi tidak mungkin rasanya kalau pergi membawa orang tua. Karena itu memilih tempat oleh-oleh serba ada perlu untuk dilakukan sehingga kita tidak perlu pergi ke banyak tempat yang akan menghabiskan banyak waktu sia-sia. Untungnya Bali sudah memiliki banyak sekali pusat oleh-oleh serba ada yang bisa kita pilih. 


10. Nikmati Liburan Keluargamu

Mengingat bahwa belum tentu kita punya banyak waktu untuk berkumpul bersama keluarga besar seperti ini, maka nikmatilah setiap moment bersama yang tentu sangat mahal harganya ini. Saling mengawasi satu dengan yang lain supaya tidak terjadi hal-hal yang kurang diinginkan, tidak usah mengeluh untuk hal kecil atau tidak perlu sensitif kalau ada hal-hal yang kurang berkenan. Kalau ada banyak tempat wisata yang ingin kamu datangi tapi tidak termasuk dalam jadwal yang disepakati bersama, ngga usah sedih. Mumpung sudah ada di Bali tinggal extend saja dong. Gitu aja kok repot...

Kira-kira begitulah tips family trip seru ala saya dan keluarga. Mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi yang punya rencana untuk melakukan liburan bersama keluarga besarnya. Liburan bersama keluarga besar memang rempong, tapi akan selalu jadi moment yang ingin dilakukan lagi dan lagi. Percaya deh.. 


Oh ya, bulan November nanti keluarga besar dari Palembang akan berkumpul lagi di Jakarta untuk pernikahan seorang sepupu. Seru juga kali yah setelah acara pernikahan trus kita cari tempat piknik yang dekat dari Jakarta sebelum pada balik ke Palembang. Mungkin liburan di Bogor bisa banget untuk dipertimbangkan. Soalnya di Bogor kan sekarang banyak banget tempat asyik untuk didatangi. Mulai dari wisata kuliner, Kebun Raya Bogor, Istana Bogor dan lain-lain. Jadi ngga sabar nunggu bulan November nih.. Nyok ah rencanakan liburan bersama keluarga besarmu. 

Tulisan diikutsertakan dalam Lomba Blog "Piknik Itu Penting"

41 comments:

  1. astagaaaa.....*celangap! seruuu banget yaaa bisa liburan bareng begini. Kalo keluarga gua sih gak mungkin lah ...semua orang sibuk, gak bisa cari waktu barengan....hebatt nih panitianya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahahaha... yakin ngga yakin juga sih tadinya bakal jalan kaya gini Ci. Mengingat ini kali kesekian kita planning piknik bareng, tapi baru ini yang kesampean

      Delete
  2. Wih kerennya Mas bisa liburan lengkap begini. Keluarga saya juga kayaknya susah kalo mau bareng bareng begini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo keluarga saya tipikal yang suka ngumpul. jadi dimana ada keriaan disitu pada ikutan. hahahaha

      Delete
  3. wii, seru banget bisa rame-rame liburan bareng keluarga gitu ya :D Karena jarang pulang, udah lama banget aku nggak piknik bareng bapak ibuk~~ jadi pengen juga deh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo bikin rencana deh sama kedua keluarga besar kalian. pasti seru banget :)

      Delete
  4. Uhuuuy...berasa ikutan ke Bali baca postingan ini,Rie. Khayla pasti senang banget ya.. Sun sayang buat Khayla yang ehem ituuu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, Khayla nyenyong banget selama di Bali. hahahahaa. Oh ya, November datang yah ke nikahan Yuk Evi di Balai Kartini mbak

      Delete
  5. wuiii seru banget ya liburan rame2 keluarga besar begini... :)

    ReplyDelete
  6. wah seru, kalau gratisan biasanya bisa kelaksana..

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum tntu juga. aku pernah dapet trip gratisan tapi ngga bisa jalan karena bentrok dengan kerjaan. hahahahaha

      Delete
  7. Saya benar-benar menikmati tema / desain website Anda. Apakah Anda pernah mengalami masalah kompatibilitas browser? Sejumlah pembaca blog saya mengeluh tentang blog saya tidak beroperasi dengan benar dalam Explorer tetapi tampak hebat di Chrome. Apakah Anda memiliki recommendationhs untuk membantu memperbaiki masalah ini?q

    ReplyDelete
    Replies
    1. blog saya malah banyak yang ngeluh susah komen kalao pakai chrome

      Delete
  8. kapan kita jalan-jalan keluarga (kantor) lagi??? :D

    ReplyDelete
  9. Seruuu ya trip bareng keluarga rame2 gitu.

    ReplyDelete
  10. wow seru ya, kapan bisa ke bali

    ReplyDelete
  11. Dulu kami sering jalan-jalan rame banget kayak gini. Sekarang udah jarang banget. Jadi kangen. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo mbak Haya bikin planning lagi

      Delete
  12. liburan sama keluarga menyenangkan

    ReplyDelete
  13. semoga bergembira selalu

    ReplyDelete
  14. Wuiiih seru yah...
    Kalo liburannya lebih suka sendirian, tipsnya apa?
    Seneng sih bisa lburan rame-rame,
    tapi berdasarkan pengalaman,
    kalo rame pasti pada rempong...
    Harusnya jalan pagi,
    jadinya jalan siang... -__-
    *jedotin pala ke tembok*

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahahaha.. rempong sih udah jelas. Tapi yah itu dia, kalau dibikin enjoy sih semua senang. Kami malah banyak bikin tujuan dadakan diluar jadwal loh. Tapi karena semua senang yah asyik-asyik saja.

      Delete
  15. Kalo yg lebih muda mmg cocok nya kemana ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya kan muda mudi suka gatal pengen nongkrong malem-malam mas Cumi.. Mo ngemall lah, mo ngafe lah, mo coba resto hits ini dan itu lah. Nah yang sepuh-sepuh kan suka ngga mau biasanya. Alesan klasik, ngga cocok di lidah. Makanya biar kesampean bikin trip malem aja khusus muda mudi.

      Delete
  16. hebaat, bisa ngumpulin 30 lbh keluarga utk ikutan giniii?? Ga kebayang kalo di keluargaku... tapi memang kalopun seandainya bisa, aku milih pake jasa travel agent deh mas... pusing bgt itu pastinya :p... Ngurusin traveling utk 5 org aja aku ampe emosi kalo ada yg suka berubah2 gitu...

    ReplyDelete
  17. asik nih bisa liburan bareng keluarga, jangan lupa kunjungi balik blog aku yah.
    QUEENXXX92

    ReplyDelete
  18. makasih gan infonya menarik sekali, mudah2an saja infonya bisa bermanpaat, amin.

    ReplyDelete
  19. terimakasih partisipasinya. maaf pengumuman diundur tgl 20 oktober. goodluck

    ReplyDelete
  20. terimakasih partisipasinya. maaf pengumuman diundur tgl 20 oktober. goodluck

    ReplyDelete
  21. Salam kenal dari Bali, Terimakasih sudah berkunjung ke Bali.
    Kami menawarkan paket prewedding atau family photography (liburan di bali sambil photo prewedding atau family photo)
    3 hari 2 malam hanya Rp. 5.000.000,-
    Sudah termasuk :
    • Menginap 3 hari 2 malam di Hotel atau bungalow di Bali (area Kuta, Seminyak, Sanur, Ubud) tergantung persediaan kamar pada hari pemesanan.
    • Gratis penjemputan di Bandara Ngurah Rai ke hotel
    • Biaya masuk ke lokasi pemotretan
    • Makan siang atau makan malam “Halal Food” (sesuai dengan waktu pemotretan)
    • free mineral water
    • 2 atau 3 Photographer dan 1 assistant photographer
    • Durasi pemotretan 8 – 10 Jam
    • unlimited photo editing (fleksibel)
    • Free slideshow
    • Gratis 1 hari tour (durasi 10 H) mengunjungi objek wisata di bali
    Silahkan hubungi kami di http://www.3daysphotography.com/
    Mobile : 081238128654
    Pin : 524E0631

    ReplyDelete
  22. My name is Priscilla and I'm content writer of IDNtimes. IDNtimes is the leading online media company, which delivers worth-sharing content to young generation in Indonesia. Last month, we booked 8 millions users and 30 millions pageviews.

    With this, we would like to inform that IDNtimes is featuring your original photos http://goiq.blogspot.co.id/2015/10/tips-family-trip-ke-bali.html as part of our content. The credit is still yours and we will put the source appropriately. If you feel uncomfortable and hesitant, please let us know by sending an email to tania@idntimes.com. Thank you for your attention and have a nice day ahead :)

    ReplyDelete

Terima kasih....