17 March 2016

Jalan-Jalan Ke Floating Market Lembang

Dalam edisi jalan-jalan ke Bandung beberapa waktu yang lalu bersama sahabat saya Kiki yang berasal dari Palembang, saya merencanakan beberapa agenda yang asyik dikunjungi dalam satu tujuan. Jadilah saya memilih tujuan kawasan wisata di Bandung Utara karena ada cukup banyak pilihan tempat wisata yang seru untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Floating Market Lembang.

Untuk bisa memasuki kawasan Floating Market Lembang, kita harus membayar tiket masuk untuk motor sebesar Rp.5.000,-, mobil sebesar Rp.10.000,- untuk mobil, dan Rp. 20.000,- untuk bus. Lalu kita juga diminta untuk membayar voucher minuman sebesar Rp.15.000,-/orang . Voucher minuman ini bisa ditukar dengan berbagai pilihan minuman seperti kopi, teh atau susu coklat sebelum kita memasuki area Floating Market. Oh ya, jangan lupa untuk membuang gelas kertas yang kita gunakan untuk minum di kotak sampah yang tersedia yah. Karena saya sempat melihat banyak gelas kertas yang dibuang sembarangan oleh pengunjung yang kurang bertanggung jawab. 

Ada banyak sekali spot untuk berfoto yang bisa kita temui di Floating Market Lembang ini. Mulai dari saat kita masuk, sejumlah taman-taman cantik, bangunan-bangunan unik dan dermaga pinggir danau. Udara Lembang yang sejuk membuat hasrat untuk berfoto-foto semakin menggelora. Jadi mohon dimaafkan kalau isi postingan blog saya kali ini cukup banyak didominasi oleh foto-foto saya. Hahahahahaha...

Kenapa tempat ini dinamakan floating market atau pasar terapung ? Yak di bagian inilah akhirnya saya menemukan jawabannya. Setelah puas foto-foto disejumlah tempat, saya akhirnya menemukan sebuah lokasi di pinggir danau dengan banyak penjual makanan yang menempati lapak jualan mereka di atas perahu. Tentu jangan samakan dengan floating market tradisional yang berada di Banjarmasin yah. Karena di Floating Market Lembang ini semua kapal sudah tersusun sedemikian rupa mengitari area pinggir danau yang sekaligus juga berfungsi sebagai area food court. 

Ada cukup banyak penjual makanan yang menjual lapak mereka di atas kapal di Floating Market ini. Oh ya, untuk bisa membeli makanan di sini, kita harus membeli koin-koin yang tersedia di kasir. Harga koin mulai dari pecahan Rp.5.000,- , Rp.10.000,- , Rp.20.000,- , Rp.50.000,- dan Rp.100.000,- . Nominal koin tidak berbeda dengan nominal uang yang harus kita bayarkan. Semua penjual makanan di atas kapal hanya menerima pembayaran dengan koin ini. Ada banyak sekali ragam makanan yang dijual di sini. Mulai dari gorengan, cemilan hingga makanan berat. Saya dan Kiky sempat nyobain cakwe, tutut dan beberapa makanan lainnya. Rasanya enak. 

Bagi yang berwisata ke Floating Market bersama keluarga, ada beberapa pilihan hiburan tambahan yang bisa dijalani bersama anggota keluarga. Salah satunya adalah naik perahu di danau. Untuk bisa naik perahu ini kita harus membayar biaya tambahan lagi. Ada beberapa jenis perahu yang bisa dipilih sesuai keinginan. Ada perahu yang harus di dayung, ada perahu yang harus dikayuh dengan sadel dan kalau malas untuk mengayuh atau mendayung, bisa memilih perahu panjang yang ditarik dengan perahu mesin. 

Bagi yang berminat datang ke Floating Market Lembang, tempat ini beroperasi setiap hari mulai pk.09.00 - 19.00 . Ahh.. Bandung memang selalu menghadirkan banyak cerita dan tempat-tempat baru yang selalu menarik untuk dikunjungi saat liburan. Nantikan kisah saya selanjutnya jalan-jalan di seputar kawasan Lembang yah :)

35 comments:

  1. saya kalau kesana lagi kayaknya yang dicari duluan itu tutut hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha.. iya banget mbak.

      Delete
  2. itu perahu yg juwalan hanya nyandar di dermaga atau bisa juga hilir mudik di danaunya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. perahunya sih beneran yah, tapi memang cuma disandarin di dermaga

      Delete
  3. Replies
    1. ayo jalan-jalan ke sana :)

      Delete
  4. lapaklapak di floating market ini rapi banget, kereeen :)

    pasar seharusnya seperti ini agar menarik

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget mas. dan banyak spot untuk foto-foto lucu

      Delete
  5. Sebagaimana tempat wisata lain di Bandung, kalau akhir pekan daerah sini pasti ramai banget ya Mas :hehe. Tapi pengen juga sekali-kali datang kemari, penasaran dengan kuliner-kulinernya :)). Pemandangannya pun bagus, ya kalau datang kemari mah narsis itu kudu wajib hukumnya :hihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo poto poto cantik kudu banget kayanya yah... hahahaha

      Delete
  6. Wah lumayan lengkap juga ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya dan yang penting bisa menghabiskan waktu bareng teman atau keluarga

      Delete
  7. Wah, menarik untuk dikunjungi untuk sejenak refreshing :)

    ReplyDelete
  8. Konsepnya memang menarik banget ya! Yang paling aku suka adalah model keretanya tuh! Kereeeeen!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Zilko sudah pernah ke sini ?

      Delete
  9. jadi mecak warung terapung di bkb yo kak, tapi yang ini lebih tertata.. *mupeng*

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah, Palembang harusnya bisa lebih keren kalau dibikin lebih rapi

      Delete
  10. kaya di Thailand ya, tapi kurang banyak itu sampan2 nya. jadi berimajinasi saya disni hahaha..

    ReplyDelete
  11. Walah ... malah belum pernah ke sini ... sptnya tempatnya asik buat bersantai2 ya ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya banget Tim. pas banget buat santai

      Delete
  12. Naik perahu di danau rsanya belum pernah deh Dulu waktu ajak keluarga berenang di salah satu Water Boom Bekasi juga ada fasilitas untuk naik perahu di danau, Takut aja rasanya hiheiheiee. Mungkin karena saya nda bisa berenang kalli ya hihihihihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga ngga bisa berenang mas . hahahahhaa

      Delete
  13. suka sebel kalo ke Lembang macet mulu, tapi jadi kepengennn dehh kesini. Kapan kagak macet nya yaa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ntungnya pas ke sana Lembang ngga macet Ci. Merasa diberkati banget gara-gara itu

      Delete
  14. terakhir ke bandung kapan yaaa aku -__-... trakhir pokoknya inget ga mau kesana lagi krn terjebak macet di lembang hahahaha ;p.. tp sbnrnya kangen pgn ksana lagi... apalagi tiap ke bandung pasti lembang yg aku pilih utk stay, krn lebih sejuk..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahahaha... Aku sebenarnya kuatir juga soal macet itu. Untungnya pas ke sana ngga macet separah yang aku bayangkan. Cuma macet di beberapa titik tapi masih terhitung jalan kok

      Delete
  15. bagus ya floating market ini... cocok buat hang out dan foto2 :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. banget Man. Dan cocok buat hang out bareng keluarga

      Delete
  16. Klo wiken kesitu pusing, rasanya kyk floating dilautan manusia hahahahaaa

    ReplyDelete
  17. Duch nich tempat rame nya minta ampun kalo weekend, kapan lalus empet mau masuk tapi penuh dan jadi malesss

    ReplyDelete
  18. mumupung long weekend, mau kesana juga ah. tks reviewnya mas bro

    ReplyDelete
  19. mantep pasar terapung, aku belum pernah kesana nih, jadi penasaran sama tempatnya..

    ReplyDelete
  20. kebayang serunya makan mendoan dari perahu hehehehe

    ReplyDelete

Terima kasih....