04 May 2016

Terbang Perdana Dengan Bombardier CRJ1000 Garuda Indonesia

Akhir pekan yang lalu saya berlibur ke Belitung bersama rombongan Food Blogger dan Traveler Blogger Indonesia. Dalam perjalanan ke Belitung tersebut saya mendapat kejutan yang menyenangkan karena ternyata pesawat Garuda Indonesia yang menerbangi rute Jakarta - Belitung menggunakan tipe Bombardier CRJ1000 NextGen. Saya memang cukup sering terbang dengan maskapai Garuda Indonesia, tapi terbang dengan Bombardier CRJ1000 NextGen ini merupakan pertama kalinya bagi saya. Tidak heran saya sangat antusias menyambut penerbangan ini bersama sahabat saya Cepi. Yuk simak cerita lengkapnya dalam Catatan Si Goiq kali ini.

Sejak awal Garuda Indonesia menghadirkan pesawat Bombardier CRJ1000 pertama mereka, saya sudah sangat antusias untuk bisa naik pesawat ini. Sayang beberapa penerbangan saya dengan Garuda sebelumnya tidak menggunakan pesawat jenis ini. Setelah saya cek beberapa rute dimana pesawat ini dioperasikan, saya jadi tahu kalau pesawat ini lebih banyak melayani rute-rute di daerah-daerah timur Indonesia. Yah kuciwa deh. Untungnya dalam penerbangan ke Belitung ini saya akhirnya bisa mencicipi pesawat ini juga, 


Saat ini Garuda Indonesia sudah memiliki 18 pesawat tipe ini dalam armada mereka, Pesawat ini memiliki kapasitas hampir 100 penumpang. Kecepatan maksimal pesawat ini bahkan diatas pesawat tipe Boeing 737 lho, tidak heran juga kalau pesawat tipe ini sempat dipakai untuk beberapa rute cukup jauh seperti Palembang - Denpasar. Susunan kursi di pesawat ini adalah 2-2. Oh ya, sekedar mengingatkan, bagasi kabin di pesawat ini cukup terbatas lho. Kalau sekedar bawa ransel mungkin masih bisa dibawa masuk kabin, tapi kalau sudah bawa koper walaupun ukuran kecil sepertinya bakalan tidak muat deh. Jadi lebih baik pastikan dulu saat check in apakah bagasi kabin kalian bisa masuk dalam pesawat atau tidak.

Walaupun pesawat ini lebih kecil daripada pesawat Boeing atau Airbus yang dimiliki Garuda, tapi kenyamanan dalam pesawat tetap terjaga lho. Jarak antar seat yang tetap luas sesuai standar Garuda membuat saya sangat nyaman menikmati penerbangan. Oh ya, saya dan Cepi duduk di samping jendela darurat lho. Jadilah kami mendapat kursi dengan jarak yang sangat lega untuk memanjangkan kaki. Nikmat banget...

Mesin pesawat sangat halus dan tidak terasa berisik dari dalam kabin. Saat tinggal landas maupun mendarat juga terasa smooth. Tidak kalah nyaman pokoknya saat saya naik pesawat yang lebih besar.

Nah yang menyenangkan kalau naik pesawat Garuda adalah menikmati santapan yang disajikan dalam pesawat. Karena ini penerbangan jarak pendek, maka kami hanya mendapat snack box dan tanpa fasilitas pilihan minuman. Tapi saya sangat menikmati snack yang dihidangkan. Siang itu kami mendapat menu roti srikaya dan risoles yang lezat karena disajikan tepat saat jam makan siang. Yummy...

Selesai menyantap ludes isi snack box, maka waktunya saya inspeksi ke toilet. Seperti biasa, toilet di pesawat Garuda selalu dalam kondisi bersih dan wangi. Saya suka...

Setelah satu jam perjalanan, akhirnya tibalah saya dan Cepi ditempat tujuan kami, Perjalanan yang sangat menyenangkan bersama Garuda Indonesia. Dan setelah sangat antusias naik Bombardier CRJ1000 NextGen, berikutnya target saya adalah bisa naik ATR nya Garuda Indonesia. Mudah-mudahan bisa terwujud tahun ini. Doakan yah teman-teman :)

17 comments:

  1. Kenapa aku tidak diajak ya ? seumur hidup belum pernah naik pesawat. Belitung, ingin rasanya kesana.

    ReplyDelete
  2. Wihh lega ya duduknya. Huhuhu, kepengenn ke belitung.

    ReplyDelete
  3. Baru tahu kalau Garuda punya pesawat tipe (kecil) ini. Menarik :)

    ReplyDelete
  4. Waah, bagian depannya runcing bgt ya, kyk pesawat tempur sekilas ;).. Aku pertengahan May ini outing kantor ke makasar, naik garuda juga.. moga2 dapet pesawat ini juga :D

    ReplyDelete
  5. Setujuu! Yang aku suka dari naik pesawat Bombardier CRJ Series adalah mesinnya yang tenang dan pesawatnya yang bentuknya ganteng banget (kayak pensil terbang, ahahaha). Tapi kekurangannya adalah langit-langit pesawatnya yang pendek (untukku :P ).

    Eh btw, itu aku dengar-dengar katanya CRJ1000nya Garuda ini direkonfigurasi jadi all economy ya? Itu kayaknya juga di majalahnya diindikasikan begitu, hanya saja nomor kursinya belum diganti. Kalau kursinya juga belum diganti, enak duduk di 3 barisan terdepan dong ya, hehehe...

    ReplyDelete
  6. duh pengen deh nyoba terbang naik pesawat

    ReplyDelete
  7. samaaaaa, saya juga belom pernah nih mas :)
    even, pesawatnya mungil tapi kursinya lega juga
    menarik nih kapan2 kalo ada liputan dari kantor bisa rekomendasiin naik bombardier...

    ReplyDelete
  8. Foto terakhir itu pasti Pramugara Garuda #EH :)
    smoga someday bisa traveling sama Mas Ari aminn

    ReplyDelete
  9. Itulah kalau perginya jam tanggung ya. Dapatnya snack hehee...

    ReplyDelete
  10. kalo naik pesawat kecil gini pake timbang berat badan juga ga bang?

    ReplyDelete
  11. Cakeeep pesawatnya.. Tapi karena imut ngg boleh bawa banyak kargo yaaaa :)

    ReplyDelete
  12. Eh isi snack box kita sama persis.. :D
    Di hari yang sama aku juga naik Garuda dari Belitung ke Bangka :) Bedanya aku pake pesawat jenis ATR..

    ReplyDelete
  13. Wah keren dengan pengalaman naik pesawatnya jadi pengen coba nih berlibur dengan menggunakan pesawat.

    ReplyDelete
  14. nice informasinya kawan.. kunjungi kami balik donk
    info obat ginjal bocor dari ace maxs

    http://obatginjalbocor.apotekgumilar.com
    http://obatginjalbocorterampuh.blogspot.com
    http://goo.gl/CvwbRS

    ReplyDelete
  15. Hai Arie dan Cepi...keren kalian naik ini. Pulang dari Belitung tahun lalu aku juga naik Garuda. Tapi ga tau sama apa ga dengan yg ini pesawatya.
    Btw, kalian satu pesawat juga kan ya dengan mbak Samsiah. Mana orangnya kok ga ada ? :D

    ReplyDelete
  16. Pernah naik pesawat garuda yg tipe CRJ 1000 ini sewaktu ke Surabaya - Makassar. Pesawatnya memang imut dan kursinya 2-2. Btw meskipun kecil tapi tetap safety. Garuda gitu loh :D

    ReplyDelete
  17. Enak ya kabinnya, cocok buat gw yang kakinya panjang. hehehe

    ReplyDelete

Terima kasih....