21 June 2016

BRIsat Kebanggaan Indonesia

Akhir pekan lalu terselip sebuah cerita bahagia saya yang rasanya sayang bila tidak dituliskan di blog ini. Apalagi kalau bukan pengalaman saya bersama teman-teman blogger lainnya menjadi bagian untuk mengabarkan pada khalayak mengenai pelucuran BRIsat. Meskipun pelucuran satelit milik BRI ini mengalami beberapa kali penundaan, tapi pada akhirnya satelit berhasil mengangkasa. Mengukir sebuah cerita baru bagi BRI dan bangsa Indonesia pada umumnya.

Satelit BRI yang diberi nama BRIsat sendiri sudah mengalami beberapa kali penundaan peluncuran. Akan tetapi penundaan peluncuran ini harusnya bisa dimaklumi demi keamanan satelit yang berharga 3,3 trilyun rupiah ini. BRIsat sendiri diluncurkan dengan roket Ariane 5 yang diluncurkan dari Kourou, Guiana Prancis, Amerika Selatan.

Dan akhirnya, pada hari Sabtu tanggal 18 Juni 2016 pk.18.38 waktu Kourou atau Minggu pagi pk. 04.38, roket Ariane 5 yang membawa BRIsat berhasil mengangkasa. Butuh waktu 56 menit sebelum roket benar-benar mengangkasa, dan butuh waktu sekitar 10 hari sebelum roket mencapai orbit di atas langit Papua di 150,5 Bujur Timur. Setelah mencapai orbit, BRIsat akan menjalani masa uji coba pengoperasian. Proses ini membutuhkan waktu sekitar 60 hari. Dan BRIsat kemungkinan akan mulai beroperasi sekitar bulan Agustus 2016.

Sumber : Detik Finance
Seperti yang saya katakan sebelumnya,  diluncurkannya BRIsat ini menorehkan sebuah catatan baru bagi bangsa Indonesia. Karena BRI adalah satu-satunya bank di dunia yang memiliki dan mengoperasikan satelit milik mereka sendiri. Dengan adanya BRIsat ini, BRI akan menghemat banyak biaya yang selama ini digunakan untuk menyewa transpoder. Apalagi satelit ini mampu beroperasi selama 15 - 17 tahun. 

Dengan kehadiran BRIsat ini, BRI dapat melakukan efisiensi yang signifikan pada biaya operasional mereka sehingga bisa mengalihkannya dengan melakukan banyak lompatan besar seperti menurunkan suku bunga pinjaman mereka. Selain itu dengan adanya satelit ini akan melancarkan jalur komunikasi perbankan BRI ke daerah-daerah pelosok. Dengan demikian akan terjadi kesetaraan layanan antara kota besar hingga ke daerah terpencil. Dan yang jelas, dengan kehadiran BRIsat ini, BRI bisa membuktikan pada dunia kalau industri perbankan juga piawai dalam mengelola satelit. Selamat untuk BRI atas peluncuran BRIsat, pastinya harapan saya BRI akan menjadi yang terdepan dan memberikan pelayanan maksimal pada para nasabahnya. Aamiin...

9 comments:

  1. Idenya keren. Karena BRI memang jaringannya banyak di pelosok ya pastinya terlalu boros pengeluaran buat bayar vsat. Semoga dirawat dengan benar jangan kaya ATM di pedalaman. Terpasang 3 biji tapi yang hidup paling satu, heheh

    ReplyDelete
  2. Wow .. baru tahu nih soal peluncuran BRIsat :)

    ReplyDelete
  3. semoga dengan menuncurnya satelit BRI ini.. gaji makin lancar ngalirnyo hahahhahahaha XD

    ReplyDelete
  4. semoga dengan menuncurnya satelit BRI ini.. gaji makin lancar ngalirnyo hahahhahahaha XD

    ReplyDelete
  5. wah keren banget, bikin tabungan ah di BRI

    ReplyDelete
  6. kereeen ^o^.. semoga bank2 lain juga bisa begitu...

    ReplyDelete

Terima kasih....