15 June 2016

Kuliner Wajib Kalau Traveling Ke Belitung

Awal bulan Mei 2016 saya isi dengan liburan bersama beberapa teman-teman Blogger Indonesia mengunjungi Negeri Laskar Pelangi. Perjalanan kami sangat menyenangkan karena dipandu oleh Visca Tour yang membuat 3 hari 2 malam di sana begitu padat dan banyak sekali tempat yang kami datangi. Tidak hanya tempat-tempat asyik yang kami kunjungi, kuliner-kuliner khas Belitung juga kami serbu untuk melengkapi catatan perjalanan kami di sana. Nah, Catatan Si Goiq kali ini akan mengulas kuliner apa saja yang wajib kalian cicipi kalau berkunjung ke Negeri Laskar Pelangi.


1. Mie Atep

Kuliner pertama yang kami datangi tidak lama setelah menjejakkan kaki di Pulau Belitung adalah Mie Atep. Yaa.. hampir semua orang yang tahu kalau saya akan liburan ke Belitung, menyarankan saya untuk mencicipi kuliner khas yang satu ini. Walaupun ini bukan kali pertama saya menginjakkan kaki di Belitung, tapi ini kali pertama saya mencicipi kuliner ini. Lokasi Mie Atep berada di pusat kota Tanjung Pandan, tidak jauh dari Tugu Batu Satam. Jadi sebelum atau sesuadah makan, bisa sekalian foto-foto di Tugu Batu Satam. Warung Mie Atep ini terbilang sederhana, tapi cukup ramai dikunjungi. Tidak menunggu lama, seporsi Mi Atep sudh tersaji dan siap untuk disantap. Wanginya begitu menggoda. Dan begitu saya cicip. Wooww.. rasanya sangat gurih. Kuah kaldu udang begitu terasa di lidah. Sepintas lalu mirip dengan rasa mie celor Palembang. Satu porsi yang saya kira tidak mengenyangkan ternyata cukup membuat perut penuh sampai waktu makan siang tiba. Dan harganya juga membuat kantong aman. Tidak sampai Rp.15.000,- sudah bisa menikmati seporsi Mie Atep. Dan akan lebih segar dengan minum es jeruk kunci yang segar. Ahhh...

2. Gangan

Kuliner khas yang beruntung bisa saya cicipi saat berkunjung ke Belitung tempo hari adalah Gangan. Gangan ini kabarnya adalah salah satu kuliner legendaris Belitung. Gangan sendiri merupakan sejenis sup dengan bahan ikan atau daging. Kuah gangan sendiri berwarna kuning yang terbuat dari kunyit dan bahan-bahan alami lainnya seperti rempah-rempah, nanas, lengkuas dan cabai. Oh ya, untuk gangan yang berisi ikan, biasanya rasanya segar dengan cita rasa cukup pedas. Hal ini dimaksudkan untuk menghilangkan aroma amis pada ikan. Gangan sendiri bisa kita temui di banyak rumah makan di Belitung.

3. Belitong Timpo Duluk

Salah satu tempat kuliner yang sedang hits di Belitung adalah Ruma Makan Belitong Timpo Duluk. Tempat ini ramai sekali dikunjungi tidak hanya oleh para traveler, tapi juga oleh warga setempat. Lagi-lagi saya beruntung karena tempat ini masuk dalam agenda makan malam kami. Sesuai dengan namanya, tempat makan ini bernuansa tempo dulu. Bahkan pelayan di sini juga memakai pakaian tradisional. Benar-benar memperkuat rasa tempo dulu yang ingin mereka sajikan. Nah hidangan unggulan yang ingin kami rasakan sensasinya adalah makan bedulang. Makan bedulang sendiri adalah sebuah tradisi makan yang dikenal oleh masyarakat Belitung. Dimana para tamu akan disuguhkan satu set hidangan untuk dimakan oleh beberapa orang. Dan ada beberapa tradisi yang harus kita ikuti. salah satunya adalah yang berusia paling tua berhak untuk mengambil nasi dan lauk pauknya terlebih dahulu. Makanan yang disajikan antara lain adalah gangan daging, ikan goreng garing, sambal serai, ayam ketumbar, sate ikan dan lalapan. Semuanya enak banget. Wajib banget nyobain makan di sini !

4. Seafood

Buat penyuka seafood, nikmatilah surga makanan favorit kamu di sini. Karena selama saya berada di sini, nyaris tidak ada menu ayam atau daging yang tersedia. Tapi kalau seafood pasti selalu ada dimanapun dan kapanpun. Mulai dari cumi, ikan bakar, ikan goreng, udang, atau kepiting semua ada dan tersaji dalam kondisi segar. Saya suka semua hidangan seafood yang masuk dalam perut. 

Bagaimana ? Sudah terbit air liurnya melihat aneka kuliner khas Belitung yang saya posting kali ini ? Kalau sudah ? Buruan bikin rencana traveling ke Belitung. Kalau masih bingung, kalian bisa kontak Visca Tour lho buat bikin rencana liburan di sana. Yuk cicipi beraneka kuliner nusantara !

14 comments:

  1. Errrr....lapeeer haha
    Untung baca ini sedang tidak puasa :D

    Buat saya yang memang penggemar seafood, kulineran di Belitung cocok banget dan ga ada bosannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha.. toss mbak Rien! Untung baca ini pas lagi gak puasa :D
      Duh! Jadi kangen gangan, sate ikan, plus sambal sereh..

      Delete
  2. Katakan tidak pada mie atep :(
    Gw datang ber 8 sama temen, dan ngak 1 pun yg suka alias selera kami ternyata berbeda.
    Kami jatuh cinta sama suto makjanah di deket mie atep

    ReplyDelete
  3. wiih.. makanan lagi.... penasaran sama mie atep nya....

    ReplyDelete
  4. Jadi penasaran dengan yang namanay Mie Atep huehehe ...

    ReplyDelete
  5. belum pernah nyobain satupun kuliner Belitung
    rumah makan tempo dulu itu rasanya pengen kukejar deh kalau ke sana

    ReplyDelete
  6. wah mainnya tambah jauh ya sampai ke belitong, ntar lagi jadi laskar pelangi jilid 2

    ReplyDelete
  7. belum pernah ke belitong... emang kalo lagi jalan2 paling asik nyobain kuliner nya ya...

    ReplyDelete
  8. Gangan sama Mie Atep kelihatan menggoda perut banget... Slurppp jadi laperr

    ReplyDelete
  9. mie atep jujurnya aku kurang pas mas :).. trlalu manis, walo udh dikasih sambel sebanyak apapun, manisnya ttp terasa bgt.. tp seafood belitung, sumpaaah enak2 bangettttt ^o^.. ga bosen2 makanin seafood di belitung.. untung g ada alergi ;p

    ReplyDelete
  10. lagi pengen ke belitung
    coba kalo posting tempat makan sekalian kasih koordinatnya biar gampang cari di google map. poin lokasi di gmap masih banyak yg ngaco dan bikin nyasar, hehe

    ReplyDelete
  11. Makanannya enyak-enyak lupa bawa tupperware buat bungkus hahaha

    ReplyDelete
  12. Paling berkesan sama Sop Gangan & sate ikan di Timpo Duluk.

    ReplyDelete
  13. penasaran ama gangan 😘

    ReplyDelete

Terima kasih....