30 June 2016

Megahnya Terminal 3 Soekarno Hatta International Airport

Airport adalah pintu gerbang sebuah negara. Airport yang nyaman tentu akan memberikan kesan pertama yang bagus bagi siapapun yang menjejakkan kaki untuk kali pertama di sebuah kota maupun sebuah negara. Untuk memberikan kesan pertama yang baik kepada siapapun yang baru pertama kali berkunjung ke Indonesia, Angkasa Pura II mengembangkan sebuah gedung terminal baru untuk melengkapi Terminal 1, Terminal 2 dan Terminal 3 Eksisting. Seperti apa megahnya pintu gerbang baru menuju ibu kota negara Republik Indonesia ini ? 

Minggu lalu saya berkesempatan menghadiri undangan dari pihak Angkasa Pura II untuk mengunjungi Terminal 3 yang sedang memoles diri sebelum resmi dibuka saat menjelang lebaran nanti. Kesan pertama begitu melihat gedung Terminal 3 ini adalah mewah dan besar. Meskipun belum 100%  rampung, tapi kemegahan bangunan Terminal 3 sudah bisa kita saksikan dengan kasat mata. Sampai di drop off zone, saya melihat bagian atap yang berundak-undak yang mirip dengan bagian berundak-undak di terminal 2. Ternyata atap berundak ini memang merupakan benang merah antara Terminal 2 dan Terminal 3. Sedikit info yang saya dapat dari Pak Benyamin yang merupakan salah satu team arsitek, basic desain bangunan Terminal 3 ini dikerjakan hanya dalam waktu 1,5 bulan saja lho. 

Masuk ke area check in counter saya semakin terperangah. Area ini luas sekali dengan ceiling yang menawan. Ada banyak sekali check in counter yang tersedia. Harapan saya dengan adanya area check in berukuran luas seperti di Terminal 3 ini, tidak ada kepadatan yang lazim ditemui saat jam penerbangan sibuk yang sering saya temui di Terminal 1. 

Oh ya, untuk penumpang Sky Priority Garuda, tersedia area check in khusus lengkap dengan karpet dan sofa-sofa yang nyaman untuk menunggu. Warna karpet dan kursi senada sekali dengan warna yang sering saya lihat ketika naik pesawat Garuda. 

Bagi teman-teman yang sudah melakukan web check in, di Terminal 3 tersedia drop off luggage. Dengan adanya drop off luggage ini, kita tidak perlu mengantri di check in counter untuk memasukkan bagasi kita yang akan masuk ke dalam perut pesawat. Praktis kan ?

Terminal 3 Soekarno Hatta International Airport dilengkapi dengan teknologi Baggage Handling System (BHS) Level 5 yang memungkinkan untuk mendeteksi bahan peledak atau bom. Nah kalau ada bagasi yang dicurigai berisi bahan peledak atau bom, maka akan dimasukkan ke dalam bom blanket dan akan segera ditindaklanjuti oleh pihak yang berwenang. Selain itu penanganan bagasi akan menggunakan barcode system yang cepat dan aman. Dengan adanya barcode system ini, kita bisa ucapkan selamat tinggal untuk bagasi tertinggal atau hilang yang sering terjadi. Keren !

Ada banyak Baggage Scanning Machine untuk memeriksa semua bagasi yang akan dibawa masuk ke dalam gedung terminal. Karena jumlahnya cukup banyak, saya sih berharap banget antrian mengular yang sering terjadi bisa berkurang jauh. Mudah-mudahan yah.

Inilah boarding room area di Terminal 3. Area ruang tunggu ini memiliki memanjang seluas 2km. Terdapat 28 gates yang terdiri dari 10 gate untuk rute internasional dan 18 gates untuk rute domestik. Terminal 3 sendiri bisa menampung 25 juta penumpang/tahun. Dengan kaca-kaca besar yang langsung menghadap ke apron dan lanadsan, kita bisa mengamati dengan leluasa aktivitas di bandara saat pesawat landing dakan menjelang lepas landas. Area komersial seperti restaurant dan merchant lainnya juga berada di area boarding room ini. Oh ya, sistem penerangan di Terminal 3 ini menggunakan teknologi yang dapat mengatur terang dan redup secara otomatis sesuai dengan kondisi cuaca.


Yang membedakan boarding room di Terminal 3 dengan bandara-bandara lainnya adalah keberadaan meja dan sofa yang beraneka warna yang membuat ruang besar ini terasa semarak. Setiap gate memiliki sofa yang berbeda warna. Ada gate yang memiliki sofa berwarna biru dan gate lainnya memiliki sofa warna kuning atau hijau. Di area boarding room ini juga tersedia playground yang memungkinkan orang tua untuk membiarkan anak-anak mereka bermain sembari menunggu jadwal keberangkatan mereka. 

Terminal 3 juga menyediakan 44 unit garbarata atau jembatan yang menghubungkan gedung terminal dengan pesawat. Dengan adanya garbarata ini, penumpang bisa nyaman masuk ke dalam pesawat tanpa kepanasan atau kehujanan.

Hiburan adalah salah satu hal yang penting ketika menunggu jam keberangkatan pesawat. Untungnya Terminal 3 ini nantinya bakal dilengkapi dengan sarana hiburan dan juga berbagai karya seni khas Indonesia seperti lukisan dan patung. Juga akan ada layar besar yang menampilkan sejumlah destinasi wisata di Indonesia. nantinya kita akan menemukan Indonesia mini dalam gedung Terminal 3 ini. Karya seni yang akan hadir Terminal 3 antara lain area Batik Wall yang keren banget dan Instagramable. Sayangnya saat saya datang area ini masih dalam proses pengerjaan. Mudah-mudahan hasilnya keren yah teman-teman.

Sebagai pintu gerbang kedatangan antar bangsa, Terminal 3 didesain dengan berbagai teknologi untuk menciptakan rasa aman, nyaman dan berwawasan lingkungan. beberapa teknologi yang bisa kita temukan di Terminal 3 ini antara lain adalah ASS atau airport security system yang memungkinkan untuk mendeteksi wajah penumpang pesawat atau pengunjung airport yang masuk dalam daftar pihak berwajib. Ada pula teknologi Fully IBMS atau Intelligence Building Management System yang mengatur agar Terminal 3 menjadi sebuah bangunan yang mengusung konsep eco green. Lalu ada teknologi Rain Water System yang berfungsi untuk menampung air hujan dan mengolahnya sebagai air bersih yang bisa digunakan. Ada pula Recycle Water yang mengolah air toilet untuk kembali lagi menjadi air toilet sehingga dapat menghemat air. 

Bagaimana teman-teman ? Semakin ngga sabar yah menunggu Terminal 3 ini beroperasi. Sedikit info nih, Terminal 3 ini akan mulai beroperasi menjelang lebaran tahun 2016 ini walaupun kemungkinan baru melayani 5 destinasi terlebih dahulu. Mudah-mudahan salah satu destinasi tersebut adalah destinasi tujuan mudiknya teman-teman yah. Yang jelas saya berharap dengan hadirnya Terminal 3 ini akan menciptakan kenyamanan lebih saat menggunakan moda transportasi udara. Pastinya setelah kehadiran Terminal 3 ini, saya juga berharap akan adanya penambahan landasan baru sehingga arus kepadatan di sisi udara bisa semakin lancar. Sukses untuk Terminal 3 Soekarno Hatta International Airport dan jaya juga untuk Angkasa Pura II.

18 comments:

  1. Semakin oke dengan adanya drop-off luggage ya, jd semakin cepat, dan bisa menghindari antrian juga nih

    ReplyDelete
  2. waa keren banget ya..cocok nih buat yang bawa anak,ada playgroundnya

    ReplyDelete
  3. Masya Allah indah sekali. Sebelumnya saya sudah liat beberapa jepretan dari DETIK COM, beberapa gambar dari terminal 3 ultimate. Waa beruntung mas Goig udah liat duluan, hiheihiehie. Insya Allah saya menyusul mau liad juga ahhhhh

    ReplyDelete
  4. Megah dan berkesan mewahnya,

    ReplyDelete
  5. keren ya. design nya modern banget.... mirip airport hongkong ya....

    ReplyDelete
  6. ihhh kereeennn ^o^.. moga2 pas february aku berangkat nanti, ini udah semuanya ready ;).. dan moga2 berangkatnya dr sana :D.. bangga gitu loh kalo bandara kita bisa bgs dan canggih begini...

    ReplyDelete
  7. airport yang tidak hanya keren banget tapi sangat efektif dan efisien. saya suka bandara-bandara baru Indonesia. Makassar, Kualanamu, sekarang Terminal 3 Soetta semuanya megah dan efektif banget tidak banyak sekat-sekat. Airport KLIA2 yang baru itu megah dan besar banget tapi sumpek banget karena disekat-sekat.

    Bandara Guangzo dan Kunming di China juga besar dan megah banget. tapi tetap terasa sumpek karena disekat-sekat. Bangga juga jadi WNI..hehe

    ReplyDelete
  8. Menurut jadwal awal terminal ini buka tanggal 20 Juni, dan gua udah kegirangan karena gw ada flight tanggal 20 dan 23 Juni. Ternyata diundur, penonton kuciwa, jadilah akhirnya harus nunggu penggunaan terminal ini kalau ada flight lagi bulan depan.

    Akhirnya bisa juga ada terminal megah di Soetta, soalnya kalau melihat di beberapa negara, bandara bandaranya megah sampai ke bandara provinsi. Semoga terminal nya bisa segera difungsikan dan masalah kekurangan listrik nya bisa segera ditanggulangi jadi bisa segera beroperasi hehehehe. Nice review Mas Goiq

    ReplyDelete
  9. Nama nya udah ngak pakek ultimate lagi yaa ???

    ReplyDelete
  10. Wah keren ya bandaranya, udah kaya bandara2 di luar negri *jempol*

    ReplyDelete
  11. Nggak sabar buat nyobain, hehehe. Mudah-mudahan segera siap beroperasi :D

    ReplyDelete
  12. itu terminal 3 ultimate? kinclong amat ya.
    tapi tetep sih gw lbh suka desain terminal 1 dan 2 drpd desain yg baru2

    ReplyDelete
  13. Wuihhh kerennb kayaknya. Ga sabarrr mau cobain

    ReplyDelete
  14. Hei, kamu sudah dengar musik ini belum??? saya menemukannya di youtube dan ternyata keren banget... coba deh dengerin....

    ReplyDelete
  15. morning, minna.. sekarang lagu amatsuki x aho no sakata yang berjudul asking too much sudah bisa ditonton dalam bahasa indonesia! Ayo berkunjung...!!

    ReplyDelete
  16. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website kami www.kumpulbagi.com atau www.facebook.com/kumpulbagi/ untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete
  17. pagi, kawan... Nice post nich, keep posting ya?? Saya mau blog walking lagi.. hehe

    ReplyDelete
  18. ini yg banjir kemaren ya?

    ReplyDelete

Terima kasih....