13 July 2016

Pentingnya Digital Platform Untuk Mengembangkan Usaha

Teman-teman ada yang sedang berpikir untuk membuat sebuah usaha dalam waktu dekat ini ? Membuat dan mengembangkan sebuah usaha mungkin bukan perkara yang mudah. Tapi kalau kita niat dan bisa membuat sebuah peluang yang belum terpikirkan oleh orang lain, bisa jadi ide kita akan berbuah manis.

Belum lama ini, keluarga saya di Palembang membangun usaha kamar siap huni yang diberi nama Wisma Merdeka. Pembangunan Wisma Merdeka sendiri berdiri dengan mengambil lahan di sebelah rumah kami yang memang cukup luas. Hitung-hitung daripada lahan yang ada menganggur sia-sia, bukankah dibangun sesuatu yang bermanfaat dan yang paling penting menghasilkan. Dan jadilah 26 kamar siap huni lengkap dengan segala fasilitasnya yang bisa ditempati siapa saja yang membutuhkan. 

Berbagai fasilitas sudah dipersiapkan di dalam kamar sehingga siapapun yang akan menginap bisa langsung menempati dan enjoy di dalam kamar. Pokoknya walaupun usaha keluarga ini hanya selevel wisma, tapi kami maunya tamu-tamu yang menginap bisa merasakan suasana yang nyaman seperti di rumah sendiri. Oh ya, kamar-kamar yang ada di Wisma Merdeka ini bisa ditempati mulai dari harian hingga bulanan lho.

Sejujurnya waktu mulai membangun Wisma Merdeka ini, sejumlah plan dan promosi sudah kami rencanakan supaya usaha keluarga ini dikenal orang banyak. Apalagi kota Palembang lumayan sering menggelar event-event berskala nasional dan internasional yang membuat banyak orang datang berkunjung ke kota Palembang. Dan terbukti, beberapa event yang diadakan di Palembang sukses membuat kamar di Wisma Merdeka penuh. Tapi mengandalkan event-event tersebut saja tentunya tidak cukup dong. Diperlukan usaha lebih keras untuk membuat wisma tetap terisi meskipun tanpa event yang sedang berlangsung. Dan sejumlah rencana yang kami susun saat wisma dibangun ternyata belum berbuah manis. Apalagi keluarga kami tetap berpegang teguh menjadikan Wisma Merdeka sebagai wisma yang bersih dan nyaman. Bersih dalam arti kata bukan untuk pasangan non suami istri menginap atau tinggal bersama. 

Dan beruntung banget, saya sempat mengikuti kegiatan Digital Business Your Way yang diadakan oleh My Republic dan Channel News Asia yang menghadirkan sejumlah pembicara yaitu mbak Rosiana dari Bobobo.com , mas Frans Fernando dari Tokopedia, dan Mbak Helma dari Freelancer.com. Ketiga pembicara ini mewakili perusahaan mereka yang sudah eksis di dunia digital. Dari ketiga narasumber ini saya memetik banyak poin bagus yang bisa digunakan untuk mengembangkan Wisma Merdeka menjadi lebih baik dan lebih besar. 

1. Menjalin Relationship Yang Bagus Dengan Para Costumer

Para tamu adalah raja. Selama mereka bersedia mengikuti rules untuk menjaga norma-norma susila di area Wisma, maka kami akan berusaha memperlakukan mereka sebagai raja. Dengan demikian mereka akan akan merasa nyaman dan bisa jadi akan kembali dan merekomendasikan Wisma merdeka kepada rekan-rekan atau keluarganya.

2. Cari Tahu Sejumlah Potensi dan Jalin Networking

Potensi ini bisa didapat dari iklan dan jalin networking bisa dengan melakukan sejumlah kerjasama dengan website ecommerce yang sering menjual jasa kamar hotel atau wisma. Dengan menjalin banyak kerjasama, maka peluang Wisma Merdeka lebih dikenal publik akan semakin terbuka.

3. Manfaatkan Social Media

Saya kebetulan adalah orang yang cukup intens bergelut dengan social media. Tapi kemarin-kemarin kurang terpikirkan untuk mempromosikan Wisma Merdeka dari ranah social media. Karena saya pikir awalnya wisma kami masih baru dan belum dikenal, sehingga lebih memilih untuk menjajal kerjasama dari sejumlah website ecommerce terlebih dahulu. Padahal ternyata mempromosikan melalui social media juga tetap tidak kalah penting dan harus seiring sejalan dengan promosi-promosi lainnya.

Nah fasilitas yang tidak kalah penting yang sampai saat ini belum terwujud di Wisma Merdeka adalah memiliki website sendiri. Adanya website sendiri tentunya akan memudahkan orang-orang untuk melihat berbagai fasilitas yang tersedia di Wisma Merdeka dan bukan tidak mungkin nantinya juga akan melayani pemesanan online. Yang lainnya yang belum kesampaian adalah memasang TV berlangganan supaya para tamu bisa puas menonton channel-channel pilihan mereka. Lebih asyik lagi bila TV berlangganannya juga sekaliguis dilengkapi dengan akses internet ultra cepat . Mumpung saat ini lagi ada kontes blog berhadiah menarik, saya coba deh ikutan. Kalau menang, bukan tidak mungkin salah satu atau mungkin kedua fasilitas yang belum tersedia saat ini di Wisma Merdeka bisa kami hadirkan secepatnya. Doakan saya beruntung yah teman-teman :) . Oh ya, yang ada rencana berkunjung ke Palembang dalam waktu dekat, boleh banget lho kalau mau menginap di Wisma Merdeka. Bisa langsung hubungi no telp. 081312006070 

16 comments:

  1. Hehe, zaman sekarang memang usaha mesti mencapai ranah digital ya supaya cepat berkembang dan mampu bersaing :-) .

    ReplyDelete
  2. wah succes sama usaha Wisma nya yak kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih Bud. Nginep dong kalo ke Palembang :)

      Delete
  3. Selamat atas launching wismanya, nanti aku ke Palembang nginap disitu ah. Btw mas Goiq, wismanya udah di list di booking, agoda dan website sejenisnya kah?

    Semoga rame yah wismanya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. baru beberapa Cip, semoga yang lainnya segera menyusul yah.

      Delete
  4. Kenapa nama nya wisma merdeka ???? kasih lah nama yg palembang banget gitu hahaha
    Sukses yaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. nama bapakku kak :)

      Delete
    2. gw juga tadi udah duga dinamain Merdeka karena nama bokap ya hihihiii

      Delete
  5. Endorse aku untuk nginap di WIsma Merdeka dong Mas :D

    ReplyDelete
  6. siiip, aku catet dulu ;).. kalo ke palembang nyari penginapan, aku bisa hubungi... iya mas, wismanya dibikin bersih dr tamu2 yg bukan muhrim :).. biar berkah ke depannya ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget mbak. Yang penting berkah buat masa depan :)

      Delete
  7. Wuihhiii mantabhh ... semoga okupansinya tinggi selalu kaakkk :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Terima kasih kak Timo :)

      Delete
  8. Kapan diajakin ke palembang Kaka hehehe

    ReplyDelete

Terima kasih....