23 August 2016

Jalan Terjal Menuju Keindahan Pantai Gigi Hiu Lampung

Beberapa waktu yang lalu, saya dan teman-teman blogger berkunjung ke Lampung untuk mengunjungi berbagai tempat wisata di sana. Perjalanan yang berlangsung di hari Sabtu dan Minggu seolah menjadi sebuiah pelarian bagi saya untuk meninggalkan sejenak kota Jakarta dan segala hiruk pikuknya. Salah satu pantai yang saya datangi dalam trip tersebut adalah Pantai Karang Gigi Hiu. Pantai ini memiliki beberapa nama seperti Pantai Batu Layar dan Pantai Pegadungan. Pantai karang Gigi Hiu ini sangat indah dan eksotik dengan batu-batu karang yang runcing diterpa tarian ombak yang deras.

Dalam tulisan kali ini, saya akan terlebih dahulu membahas jalan yang saya lalui bersama teman-teman untuk mencapai keindahan Pantai Karang Gigi Hiu ini. Untuk menuju Pantai Gigi Hiu, kami harus naik ojek dari Kiluan selama lebih kurang satu jam. Tarif ojek ini sekitar Rp.200.000,- untuk perjalanan pulang pergi. Awalnya saya berpikir bahwa kami akan membawa motor sendiri-sendiri. Belakangan saya jadi tahu kenapa kami semua harus duduk di belakang pengemudi ojek.

Sebelum memulai perjalanan, kami singgah di Musholla terdekat untuk menunaikan ibadah terlebih dahulu. Sambil menunggu teman-teman yang lain siap, Indra dan Rian seperti biasa membuat kekonyolan kecil yang membuat kami semua terpingkal-pingkal.

Dan setelah semua siap, kami segera melanjutkan perjalanan supaya tidak kesorean menuju Pantai karang Gigi Hiu. Seperti yang saya bilang sebelumnya, akhirnya saya tahu kenapa kami tidak boleh membawa motor sendiri. Karena jalur perjalanan yang harus kami lalui ini benar-benar cadas teman-teman. Abang-abang ojek yang tiap hari wara-wiri melalui jalur ini saja, ada kalanya masih suka tergelincir. Jalur berbatu-batu di awal perjalanan sempat membuat saya merinding disko. Kalau sampai motor saya tergelincir, lumayan banget lho kena batu-batunya.

Lewat dikit jalur-jalur berbatu, kami mulai disajikan hamparan jalan tanah yang becek dan licin karena malamnya baru diguyur hujan. Benar-benar harus ekstra hati-hati membawa motor di jalur sendiri. Kalau sampai terpeleset di kubangan ini, pasti sudah bisa menebak bagaimana jadinya.

Lalu sampailah pada jalur menurun dengan jalan yang sudah dicor. Ya, inilah satu-satunya jalan yang benar-benar bagus walaupun hanya sepanjang sekitar 1 kilometer saja. Tapi setidaknya jalur ini bagai oase di tengah gurun pasir. benar-benar menyegarkan. Hahahahaha...

Karena driver yang saya tumpangi lumayan jago dan mengenal medan dengan baik, saya meninggalkan teman-teman saya di belakang cukup jauh. Nah supaya tiba di Gigi Hiu bersamaan, driver ojek pun memutuskan untuk berhenti sejenak di tengah jembatan. Dan ketika teman-teman yang lain tiba, kamipun mengabadikan momen istirahat ini dengan foto-foto seru. Chebooox !!!

Perjalanan kembali terhenti saat ada truk yang melintang di tengah jalan. Motor-motor yang kami naiki tidak ada yang bisa melewati jalan karena terhalang truk tersebut. Jadilah kami harus bersabar menunggu truk tersebut ditarik supaya tidak menghalangi jalan lagi.

Setelah melewati truk yang melintang, jalanan masih belum berubah jadi bagus. Tapi pemandangangan sudah bisa bikin jantung jadi berdebar-debar. Huaaaa... Lautnya sudah kelihatan gaes. Sudah ngga sabar pengen cepat-cepat sampai.

Sebelum tiba di Pantai Karang Gigi Hiu, kami harus melewati satu tanjakan terakhir yang jalurnya cadas banget. Motor yang dibawa pun sampai miring-miring melewati jalan yang penuh batu dan menanjak itu. Untungnya driver saya cukup lihay melewati jalur ini sehinmgga kami berhasil melewati tanjakan terakhir tersebut walaupun wajah saya lumayan pucat juga jadinya.

Bagaimana ? Seru banget kan perjalanan menuju Pantai Karang Gigi Hiu. Catatan ini mungkin bisa menjadi sebuah gambaran bagi teman-teman yang baru pertama kali akan menuju ke sana. Intinya dibutuhkan sebuah perjuangan keras untuk menjumpai sebuah keindahan. Tulisan saya berikutnya akan mengulas mengenai Pantai Karang Gigi Hiu. Nantikan yah...

1. Di kalangan kawan2 pecinta fotografi lanskap ada ungkapan terkenal "Beauty starts when the road ends".
    Begitu lah kira2 gambaran Gigi Hiu ini :)

2. Arie...kamu sempet bikin banyak video ya. Iiih aku boro2, megang hape aja susah. Jalannya ga tenang gitu, takut hp jatoh :D

3. seruuu pisan perjalanannya yaa, woow bener2 berpetualang ini cyiin...
    tapi masih sempet ya bikin pideoo bapak niy..

4. Perjalanan ke Gigi Hiu ini benar-benar seru dan sarat kenangan. Dibalik keindahan yang tersaji, ada perjuangan yang tak mudah...

5. Ya ampun jalannya serem amat yak... nau lah kesana siapa tau ketemu siti yg suka dugem hahaha

6. setdah pantesan mahal tarifnya ojeknya trek jalananya macam itu -___-"

7. ampon jalanan nya, jadiinget waktu daku kesana
    Ini paha sakit menahan agar tidak jatuh di motor

8. wah medannya berat juga ya.. tapi view pantai karang nya bagus...

9. Kalau aku nyerah duluan. Harga ojeknya sungguh luar biasa, akses jalannya sungguh enak sekali ya ? jarang lo di kotaku jalanan seperti itu.

10. Sayang gue gak ikut ke Lampung. Lain kali ajak-ajak dong Mas tapi jangan mendadak :D

11. Perjalanan ke Gigi hiu bener-bener tak terlupakan ya Rie..

12. Eh, aku kayak kenal sama yang berkacamata itu. Itu kak Rian kan. Wah, seru banget, apalagi butuh perjuangan banget buat menuju lokasi. Keren. Ditunggu cerita Pantai Karang Hiu-nya.

13. Seru beneeeeer.. Aku jadi pengen ikut naik ojek jugaaa :)

14. Difficult roads often lead to the beautiful destinations

15. Tempatnya keren tapi aksesnya susaaaah ya, hahaha

16. Duhhh mulesss liat jalanannya rie....inget ke Rinjani..hahaha

17. Njir jalanannya ribet. :|
    Kapan ke Lampung lagi? Aku ikut doooooong..

18. OMG, ini jalanannya sama persis ama jalanan yg menuju ke curug malela .. aku rada trauma kalo ngelewatin jalanan begini sbnrnya :D.. Seraaaaam.. tapi kalo liat pantainya memang cakep bgt ya mas... jd pengen ksana juga.. cukup bgt ya sabtu minggu menikmati lampung ini?

19. onde mande...

pemandangannya luar biasa keren :)
    saya dulu tahunya pas liat di natgeo
    btw, baca artikel sama foto2 mas bikin penasaran
    *moga kapan nyusul ^_^

20. Jalan yang gak lancar itu membuahkan hasil pemandangan yang priceless :)

21. Waaaahhh ini benar-benar offroad ya. Harus siapkan pinggang dan pantat agar tidak pegal... LOL.
    Tapi melihat hasilnya, terbayar.

22. ampuuun jalannya ya...
    tapi semapat aja ya bikin video..
    pengen ke sana waktu mudik, tapi kalau jalannya begini nanti dulu deh

23. jalnnya itu perjuangan banget ya

24. Kereeeeen!!!! Seru banget jalan2nya Kak Goiq

25. Gue udah nyampe Lampung dan deket Gigi Hiu itu tapi nyerah karena bokong udah panas banget :|
    Keren ih lu bisa lanjut terus walo medannya begono :D