08 October 2016

Kita dan Hukum

Sumber Foto : jdih.riau.go.id
Hukum. Mungkin banyak orang yang gentar menyebut kata tersebut. Siapa sih yang mau punya masalah dengan hukum ? Pastinya ngga ada dong. Tapi faktanya, hukum itu sangat dekat dengan keseharian kita. Banyak hal yang pastinya akan membuat kita bersinggungan dengan hukum. 

Sebagai blogger, hal yang paling sering saya dan teman-teman rasakan adalah plagiarisme. Plagiarisme sendiri adalah penjiplakan karya yang kemudian di tulis ulang dan diaku sebagai karya orang lain. Tentu tidak sedikit teman-teman blogger yang penah merasakan tulisan yang mereka pikirkan dengan susah payah, kemudian dijiplak dan diakui sebagai karya orang lain. Padahal membuat sebuah karya tulisan walaupun hanya sebatas tulisan di blog bukan sesuatu yang bisa dibilang mudah. Butuh waktu dan pemikiran untuk merangkai kata demi kata menjadi sebuah kumpulan kalimat. Tidak hanya sekedar merangkai kata, tapi kita juga memerlukan taste supaya karya tulisan yang kita buat menjadi enak untuk dibaca orang lain. Makanya sudah pasti kita merasa kesal dong kalau tulisan yang kita buat dengan susah payah, tiba-tiba di plagiat orang lain dan diaku sebagai karya mereka. Sedikit informasi nih, plagiarisme ini melanggar UU no.19 tahun 1992 mengenai hak cipta. Dan bagi siapa saja yang melanggarnya bisa dikenakan sanksi hukum. Hayo lhooo...


Tapi faktanya selama ini, mungkin jarang ada teman-teman yang memperkarakan masalah plagiarisme ini ke ranah hukum. Alasannya sih bisa jadi karena ribet atau mungkin karena faktor enggan bersinggungan dengan hukum. Nah, kalau teman-teman ketemu kasus semacam ini atau mungkin kasus-kasus hukum lainnya, mungkin teman-teman bisa membuka website Justika.com . Karena di Justika.Com kita bisa berkonsultasi dengan para ahli hukum yang sudah bergabung. Dan kita akan mendapatkan solusi atas permasalahan yang kita hadapi. Minimal kita jadi tahu langkah-langkah apa yang harus kita lakukan berikutnya. Kita bahkan bisa melihat kredibilitas para pakar hukum tersebut dengan melihat profil mereka. 

Oh ya, ngomong-ngomong soal hukum lagi nih. Jangan pikir hukum itu hanya terkait dengan hal-hal yang bersifat peradilan saja lho. Sebenarnya di sekitar kita pun banyak sekali masalah-masalah yang berkaitan dengan hukum. Seperti soal warisan, harta gono-gini, jual beli tanah dan bangunan bahkan sampai urusan penterjemah. Nah, untungnya pakar hukum yang bisa kita temukan di Justika yaitu lawyer, notaris dan penterjemah tersumpah.Jadi ada banyak masalah hukum yang bisa kita temukan solusinya di sana. Keren banget kan ?

Dan buat masyarakat tidak mampu yang membutuhkan bantuan hukum, di Justika.com juga terdapat layanan Pro bono yang memberikan bantuan hukum secara gratis kepada masyarakat yang tidak mampu secara finansial. Jadi, kenapa harus takut bersinggungan dengan hukum kalau di Justika.com kita bisa menemukan solusinya ? Selamat datang di dunia cyber-lawyer...

57 comments:

  1. Sesudah ikut acara gathering dgn Justika, saya jadi menganggap proses hukum itu penting. Tadinya memang gak merasa buang waktu untuk hal sepele diproses hukum tapi ini penting buat efek jera.
    Dan konsultasi dulu via justika membantu supaya tidak ribet. Iya kan Mas Arie? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul banget teh Ani

      Delete
  2. saya sering berurusan dengan pengadilan dulu... sering kena tilang soalnya.. wkwkw..

    wah bagus nih layanan nya. thx for sharing. buat referensi...

    ReplyDelete
  3. Aku udah join justika dong, dan berharap semoga Justika ada versi mobile appsnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. akupun berharap yang sama

      Delete
  4. Retweet kak Putri, berharap segera ada apps nya untuk di smartphone

    ReplyDelete
  5. Layanan Pro Bono ini belum banyak masyarakat yang tau lho, kayaknya masih perlu disosialisasikan. Anyway thanks sharingnya mas! bermanfaat banget :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuk kita sebarin biar tambah banyak yang tahu

      Delete
  6. asik setelah baca postingan ini jadi melek HUKUM :)

    ReplyDelete
  7. kalau hukum kita dibenarin kece dah iNdonesia

    ReplyDelete
  8. Plagiarisme ini memang agak2 tricky sih yaa...
    Tp dunia kepenulisan sm blogging mmg deket2 sm yg satu ini

    ReplyDelete
  9. keren nih... aku mau coba daftar dulu biar tau apa aja yg bisa didapat dr justika ini... layanan pro bono nya yg menarik perhatian banget mas.. yakin deh ga banyak org tau ttg layanan ini... aku aja yg tiap saat browsing baru tau stlh baca blog mu.. ga pernah dgr sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa direkomendasikan ke orang-orang mbak

      Delete
  10. kalau plagiat dari buku pernha denger sih di laporin, tapi kalau tulisan blogger akupun belum pernah denger lapor melapor tentang tulisan yang di comot seenaknya, rata2 sih foto/video yang sering diambil untuk kepentingan tertentu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, mungkin sesekali perlu dilakukan biar ada efek jera

      Delete
  11. Disini juga ada web yang serupa, yang memberikan layanan konsultasi gratis sehingga kita bisa, setidaknya, tahu hak-hak kita di mata hukum dalam suatu kasus :D . Berguna banget ya untuk orang awam :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Ko, berguna banget

      Delete
  12. jujur aja mas, dengan adanya justika.com, saya sangat terbantu untuk mengetahui lebih lanjut tentang delik pengaduan

    makasih infonya ya mas, baca artikel ini jadi langsung ke websitenya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bantu sebarin juga mas, biar lebih banyak orang yang tahu

      Delete
  13. Wah penasaran sama layanan probono nya. Bener - bener jadi solusi buat yang mengalami keterbatasan dana tapi menginginkan solusi hukum :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul, pasti bakal banyak yang terbantu

      Delete
  14. Duh sedih ya, kl karya org dijiplak dgn sengaja :-/

    ReplyDelete
    Replies
    1. sedih banget kak, mikirnya gak gampang lho

      Delete
  15. Plagiarisme ya... dan kayaknya banyak yang nggak kapok-kapok deh.

    ReplyDelete
  16. yup permasalahan paling dekat dengan blogger itu plagiat aka jiplak, tapi kadang suka masa bodoh sih takut ngadu tapi kalau ada justika kayaknya bisa konsul dulu ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, bisa konsul dulu jadinya

      Delete
  17. Kadang mikirnya suka males gitu yah kalo harus belajar hukum yg njelimet, padahal melek tentang hukum juga perlu ya dijaman sekarang, biar gak mudah ditipu/dibohongin orang huhu

    ReplyDelete
  18. Blogger-nya melek hukum banget :D

    ReplyDelete
  19. Blogger-nya melek hukum banget :D

    ReplyDelete
  20. Moga aku kebal hukum Ri, eh :D

    ReplyDelete
  21. Nah ini infonya sangat bermanfaat bagi pihak2 yang membutuhkan. TFS kak Arie

    ReplyDelete
  22. Justika ini keren y Mas Arie, jd solusi bangat bagi orang yg awam dengan hukum, dan sudah seharusnya kita memang harus melek hukum.

    ReplyDelete
  23. Iya bener ya... kadang mikirnya klo memperkarakan sesuatu ke ranah hukum itu pasti ribet bla bla bla.. thanks for sharing, Ri..

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku dulu udah pernah mbak.sebagai korban aja ribet lho harus bolak balik kantor polisi

      Delete
  24. Layanan bantuan hukum gratis uyk yg kurang mampu...online pa.mantabbb nih

    ReplyDelete
  25. Akhirnya ada aplikasi bantuan hukum, jadi gak repot kalau butuh bantuan hukum :)

    ReplyDelete
  26. Setuju banget deh sama mas Goiq hihihi..
    Iyessss, hukum ada di sekitar kita, bahkan hal simpel seperti jual beli di pasar yang ternyata berkaitan juga dengan hukum.
    Terima kasih infonya, mas Arie :) semoga Justika akan membantu seluruh masyarakat Indonesia yang berkebutuhan hukum ya, mas :)

    ReplyDelete
  27. Mantap semoga ini menjadi yang terbaik

    ReplyDelete
  28. Mantap semoga ini menjadi yang terbaik

    ReplyDelete
  29. Mantap semoga ini menjadi yang terbaik

    ReplyDelete
  30. lebih hati hati lah yah kalo menyebarkan konten di medsos atau di blog, semua bersinggungan dengan hukum.

    Thanks loh om informasinya, lumayan nih mau coba konsultasi di justika, mumpung gratis he he

    ReplyDelete

Terima kasih....