02 November 2016

Belajar Bikin Roti Di Bungasari Innovation Center

Kamu jomblo ? Trus suka desperate sampe suka melukin karung terigu dan berharap dia adalah belahan jiwa kamu yang tak kunjung datang itu ? Fix ngenes banget hidup kamu bro ! Saya sendiri walaupun statusnya ngga jomblo tapi tetap ngenes karena masih sering dituduh jomblo. Nah daripada meratapi nasib jomblomu yang tak kunjung berakhir itu, kali ini saya mau ngajakin teman-teman buat berbagi cerita belajar bikin roti yang kalo kata orang-orang di kampung saya sih istilahnya baking class gitu lho. Yuk simak dalam Catatan Si Goiq kali ini..


Sesi Baking Class yang saya ikuti bersama teman-teman ID Food Blogger berlangsung di Bungasari Innovation Center yang berada di Jalan Pakubowono VI Jakarta Selatan. Sebelum sesi turun di dapur berlangsung, kami diberitahu terlebih dahulu mengenai Bungasari Flour Mills yang memiliki pabrik di Cigading dan merupakan kerjasama antar 3 perusahaan besar dari 3 negara yakni Indonesia, Jepang dan Malaysia. Bungasari sendiri memproduksi lebih dari 50 jenis tepung untuk berbagai kebutuhan lho. Ngomong-ngomong soal tepung terigu, di sini saya baru tahu kalau tepung terigu sendiri terbagi dalam 3 jenis, yakni tepung terigu dengan protein tinggi, sedang dan rendah. Setiap tepung dengan kadar protein yang saya sebutkan di atas belum tentu cocok untuk membuat semua olahan. Jadi kalau kita mau membuat roti tawar, roti manis, mie atau pizza maka yang kita butuhkan adalah tepung terigu dengan protein tinggi. Sedangkan bila ingin membuat pancake atau martabak, maka yang kita butuhkan adalah terigu dengan protein sedang. Sedangkan terigu dengan protein rendah cocok untuk membuat aneka gorengan. Tuuh.. jadi nambah kan ilmunya.


Ternyata belum lama ini, Bungasari baru saja memperkenalkan produk terbaru mereka yaitu Kabuki Gold. Kabuki Gold sendiri merupakan tepung terigu premium dengan protein tinggi kualitas Jepang. Dari kasat mata saja saya bisa melihat perbedaan tepung Kabuki Gold dengan tepung lainnya, dimana Kabuki Gold memiliki warna yang lebih putih dan teksturnya lebih halus. Warna putih ini bukan didapat dari pemutih lho. Melainkan langsung didapat dari bagian inti biji gandum kualitas terbaik. Tepung Kabuki Gold ini cocok untuk dibuat roti tawar dan roti manis dengan tekstur yang lembut dan wangi yang segar.

Setelah mendapat ilmu mengenai produk Bungasari, tepung terigu dan riwayat roti. Sekarang waktunya langsung turun di medan perang. Hahahaha... Saya bersama teman-teman blogger pria, yakni Mas Agung, Adieguno dan Bowo Susilo berada dalam satu Team Macho yang dipimpin oleh Chef Kelik. Setelah pasang apron dan cuci tangan, maka Team Macho siap untuk ngubek-ngubek di dapur Bungasari Innovation Center.

Bungasari Innovation Center sendiri merupakan tempat untuk meningkatkan pengetahuan dalam mengolah tepung terigu sebagai sumber pangan berprotein tinggi. Saya suka sekali melihat peralatan memasak mereka mulai dari mixer raksasa untuk megolah adonan roti sampe oven yang besar yang bisa menampung banyak roti sekali panggang. Dan satu hal yang paling saya suka berada di sini adalah aroma roti yang membuat saya bergemuruh. Hahahaha.. Tanpa membuang waktu, Chef Kelik langsung mengajarkan kami untuk membuat Pullman Cheese Bread.

Pullman Cheese Bread ini adalah semacam roti tawar dengan campuran keju di dalamnya. Kita bisa memilih untuk menghancurkan keju bersama semua bahan lainnya ketika di mixer atau memasukkan keju ke dalam adonan sebelum di panggang sehingga potongan keju akan berada di dalam bagian roti. Team kami memilih opsi yang kedua. 

Setelah semua bahan telah selesai di mixer dan adonan menjadi kalis. Langkah selanjutnya adalah mendiamkan sebentar adonan sampai sedikit mengembang. Jangan lupa untuk mengukur suhu di dalam adonan dengan menggunakan termometer. Setelah adonan mengembang dan suhu adonan sudah pas, langkah selanjutnya adalah menimbang adonan supaya memiliki berat yang sama, kemudian adonan di bentuk bulat. Adonan yang sudah berbentuk bulat ini kemudian siap untuk dimasukkan loyang dan di proofing supaya mengembang sebelum dipanggang dalam oven.


Sambil menunggu Pullman Cheese Bread yang kami buat mengembang dan dipanggang, kami mulai membuat adonan kedua untuk membuat beraneka Japanese Bread. Setelah semua bahan di mixer dan menjadi kalis, Chef Kelik kembali menimbang adonan dan membagi menjadi beberapa potongan dan kami akan membuat potongan adonan tersebut menjadi bentuk bulat dan kemudian ditutup dalam plastik untuk didiamkan selama beberapa menit. Setelah itu kami mulai dalam proses membentuk adonan menjadi beberapa jenis roti. Adapun beberapa varian roti yang kami buat antara lain, Bigg Egg Bread, Melon Pan, dan beberapa jenis roti dengan topping sosis, kacang dan ham. 

Setelah semua adonan roti telah dibentuk dan diletakkan di atas loyang, maka langkah selanjutnya adalah persiapan untuk dipanggang dalam oven. Rasanya saya sudah tidak sabar untuk melihat roti yang kami buat matang dan akan segera memakannya. Hahahaha...

Dan inilah hasil akhir dari kerja keras kami. Walaupun beberapa roti bentuknya kurang cantik karena tangan-tangan yang kurang terampil ini bekerja, tapi kami puas melihat hasil roti yang telah matang di hadapan mata ini. Apalagi waktu kami mencicipinya ternyata rasanya sangat lezat dan yang jelas masih fresh karena benar-benar baru keluar dari oven.

Dan setelah semua roti yang dibuat semua kelompok yang mengikuti baking class hari itu dikumpulan dalam satu meja, rasanya kami jadi seperti memiliki toko roti sendiri lho. Waah.. tiba-tiba kok saya jadi punya hasrat pengen punya toko roti sendiri yah ? Apalagi hasil roti yang kami buat ini benar-benar tidak kalah secara bentuk maupun rasa dari roti yang biasa kita beli di toko roti ternama. Dan setelah baking class, kita semua mendapat sertifikat yang berlaku lho kalau mau digunakan untuk bikin toko roti atau melamar kerja di toko roti. Asyik kan ? Kalau teman-teman juga tertarik ingin mengikuti baking class seperti yang saya dan teman-teman ikuti, kalian bisa langsung hubungi :

Bungasari Innovation Center
Jl.Taman Pakubuwono VI No.11
Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Telp. 021 7236572
Fax. 021 724 3394

16 comments:

  1. Seru ya mas baking rame2..comot rotinyaaa

    ReplyDelete
  2. ehhh, tepung ada jenisnya juga ternyata, bener nambah ilmu in,. itu jenis produk bogasari kan ada 50, eh, tepung aja bisa 50 jenis,, ehhhhh lagiii...

    enak bisa datang ke acara begituan, datang, nambah ilmu dan experience, bikin kue, ngadon2, jadi rotii wueeenakk

    ReplyDelete
  3. Haha sama mas arie, akhirnya pengen bikin toko roti :D

    ReplyDelete
  4. Hihiii asyik banget nih mengikuti cerita Goiq di baking class ini. Aku pun baru tau soal jenis2 terigu, taunya ya tepung yg dijual di warung itu buat bikin gorengan :))

    ReplyDelete
  5. Loh udah ga jomblo? *salah fokus

    ReplyDelete
  6. ciee jadi udah jago bikin roti nih... :D

    ReplyDelete
  7. Wah.... Seru ! Lumayan jadi bekal buat nanti bikin usaha hehehe...

    ReplyDelete
  8. Pullman Cheese Bread bikin ngiler, tapi kok namanya kaya hotel berbintang ya?? ((( pulman )))

    ReplyDelete
  9. lapeeeer ;D.. Aku ga tau deh apa toko bakery papaku di medan pake tepung ini ato ga :D.. ga prnh terlibat dlm produksinya -__-.. ntr deh aku tanya, sapa tau bisa bikin roti di bakery papa jadi jauuh lbh enak :D

    ReplyDelete
  10. Seru banget Mas Arie bikin kue nya hehe. Kapan bisa buka toko kue sendiri ya?

    Kemarin aku semangat banget uy bikin kue, asik banget ternyata hehe

    ReplyDelete
  11. wah cowok-cowok masak :D

    ReplyDelete
  12. Wooaahhhhh ngilerr bangetttttt :9

    Sayang ya aku nggak berkesempatan ikutan
    Tapi nggak apa-apa sih. kalo ikutan pasti aku nggak tahan buat nyicip ini itu

    Padahal lagi program diet perut wkwkkw

    ReplyDelete
  13. Kok gw ngiler yah liat rotinya

    *lap iler*

    ReplyDelete
  14. Waaa seronok la.. hasil nya?

    ReplyDelete

Terima kasih....