09 November 2016

#SayaNgeblogKarena Saya Percaya Setiap Kata Adalah Doa

Sebagai seorang blogger, saya tentu punya alasan tersendiri kenapa saya masih tetap ngeblog hingga saat ini. Ya, sudah 12 tahun lebih saya menulis dalam blog Catatan Si Goiq ini. Dan dalam kurun waktu 12 tahun ini, tentu bila setiap tahunnya ditanya alasan ngeblog, maka kalian akan mendapatkan jawaban yang berbeda-beda dari saya. Nah mumpung masih dalam nuansa Hari Blogger Nasional, saya mencoba mengingat-ingat alasan saya ngeblog mulai dari tahun pertama saya mulai menulis di blog ini...

Tahun Pertama

Bisa dibilang, tahun pertama ini adalah masa-masa alay dalam karir saya sebagai blogger. Bagaimana tidak, semua hal yang saya alami dan saya rasakan rasanya sungguh sayang bila tidak saya tuangkan di blog ini. Semua hal, mulai dari urusan yang sifatnya sangat personal sampai pemikiran-pemikiran dangkal tertuang secara rutin di blog ini. Blog yang belum punya pengunjung tetap, dan mungkin saya tidak terlalu mikirin juga ada pengunjung atau tidak, ada yang komen atau tidak. Yang penting saya ngeblog karena saya mau menumpahkan apa yang saya rasakan secara personal maupun cerita bersama teman-teman saya dalam sebuah tulisan. Intinya saya mengganti catatan harian saya menjadi sebuah catatan harian online. Titik !

Tahun Kedua

Tahu kedua ini mungkin merupakan tahun yang cukup berpengaruh dalam sejarah ngeblog bagi saya. Akhirnya blog saya punya pengunjung tetap, saya punya teman-teman virtual yang rutin menyambangi dan meninggalkan sepatah dua patah kata di blog ini. Kehadiran teman-teman baru ini membuat saya lebih mengatur kalimat demi kalimat yang akan saya tuliskan sebelum saya posting dan bisa dibaca oleh publik. Saya mulai lebih memperhatikan tata bahasa dan tidak lagi seenaknya menulis apa yang ingin saya tuliskan. Saya putuskan untuk mengganti sebutan gw menjadi saya yang saya gunakan hingga hari ini. Tahun kedua ini, saya mulai mengikuti kopdar blogger untuk pertama kalinya saat saya sedang liburan kuliah. Rasanya tidak dapat dilukiskan dengan kata-kata saat bertemu dengan teman-teman yang selama ini saya ikuti kesehariannya melalui media blog. Jadi kalau ditanya alasan saya ngeblog di tahun kedua ini, karena saya ingin mendapat lebih banyak teman-teman dari dunia maya melalui tulisan-tulisan yang saya baca.

Tahun Ketiga

Tahun ketiga saya semakin selektif menuliskan apa saja yang ingin saya tulis, Saya tahu tidak semua hal yang saya rasakan harus saya tulis di blog. Apalagi sekarang sudah ada pembaca yang rajin berkomentar dan tidak jarang kritis dengan hal-hal yang saya tuliskan. Oh ya, tahun ketiga ini langkah saya di dunia perbloggeran semakin mantap karena saya mulai bergabung dengan sebuah komunitas blogger. Yah, saya bergabung dengan Blogger Family yang merupakan komunitas blogger yang isinya segala bentuk dan rupa blogger. Mulai dari blogger jomblo hingga blogger yang sudah punya keluarga. Di tahun ini saya juga mulai rajin mengikuti lomba-lomba blog yang diadakan oleh beberapa blogger maupun yang diadakan oleh komunitas, Jadi kalau saya ditanya alasan saya ngeblog di tahun ketiga ini, maka jawaban saya adalah menyajikan tulisan yang baik dan berkualitas untuk dibaca.

Tahun Keempat dan Kelima


Tahun keempat dan kelima ini adalah masa-masa dimana saya mulai memasuki dunia kerja. Saya bekerja sebagai reporter dan penyiar radio. Waktu untuk menulis rasanya semakin sedikit, apalagi memasuki euforia dunia kerja juga membuat saya sedikit terlena. Akhirnya saya memutuskan untuk mengambil materi berita radio yang saya tuliskan dari sisi yang berbeda di blog ini. Kalau saya membaca tulisan-tulisan saya pada tahun keempat ini saya sering tersenyum mengingat berbagai pengalaman saya sebagai reporter yang membuat saya seringkali kelabakan karena bertemu tokoh-tokoh penting atau wawancara dadakan dengan tokoh-tokoh penting seperti gubernur atau menteri yang sedang datang ke Palembang. Menuliskan beberapa sisi hasil liputan di blog, membuat saya bisa melatih kemampuan menulis saya menjadi lebih baik. Nah, kalau tahun ini saya ditanya apa alasan saya ngeblog, maka saya akan menjawab karena ngeblog adalah sebuah pembelajaran untuk pekerjaan yang saya jalani.

Tahun Keenam dan ketujuh

Tahun keenam dan ketujuh dalam karir ngeblog saya adalah era dimana saya berpikir bahwa saya akan menyelesaikan semua yang sudah saya mulai sejak tahun 2004. Tahun-tahun ini, satu demi satu blogger yang saya kenal mulai menghilang dan tidak mengupdate blog mereka untuk waktu yang lama. Saya yang juga mulai asyik dalam dunia kerja juga seperti mengalami hal yang sama. Sepanjang tahun 2009 dan 2010, blog saya hanya menghasilkan 8 tulisan dan itupun bukan tulisan-tulisan penting. Hanya sekedar penanda bahwa saya masih ada. Mengumpulkan niat untuk menulis rasanya sulit sekali. Dan satu-satunya alasan yang membuat saya tetap menulis di blog walaupun hanya 8 tulisan dalam kurun waktu 2 tahun adalah karena saya tidak ingin berakhir dan mengamini kata-kata seorang ahli informatika yang menyebutkan bahwa blog hanya merupakan trend sesaat ? 

Tahun Kedelapan 

Saya memasuki babak baru dalam karir saya sebagai seorang blogger setelah melakukan langkah besar dengan memutuskan hijrah dari Palembang ke Jakarta. Saat saya bekerja di Falcon Music dan Falcon Pictures, saya melakukan banyak perjalanan ke berbagai tempat di Indonesia. Perjalanan-perjalanan itulah yang akhirnya membuat saya semangat untuk kembali menulis cerita perjalanan, kuliner dan review berbagai hotel yang saya inapi saat bertugas. Saya menulis bukan untuk pamer, tapi semata karena saya berpikir siapa tahu apa yang saya tuliskan bisa berguna bagi orang lain. Dan itulah yang menjadi alasan saya ngeblog saat itu setelah 2 tahun nyaris vakum. Menulis untuk berbagi...

Tahun Kesembilan dan Kesepuluh

Tahun kesembilan dan kesepuluh bisa saya katakan adalah sebuah tahun pencapaian dalam banyak hal di kehidupan saya. Ada banyak cita-cita yang saya canangkan yang pernah saya tulis dalam blog ini yang akhirnya bisa saya wujudkan. Seperti bepergian ke banyak tempat, traveling ke luar negeri, bahkan target untuk kurus. Untuk yang terakhir ini, teman-teman bisa melihat sendiri penampakan saya dari awal ngeblog hingga masuk tahun 2012. Berat badan saya pernah menyentuh angka 85 kg dan dengan tekat kuat akhirnya saya bisa pangkas sebanyak 20 kg. Belum lagi keinginan-keinginan untuk memenangkan hadiah keren dari lomba blog, juga bisa saya wujudkan. Dan yang paling menyenangkan adalah beberapa komunitas yang saya ikuti ternyata banyak memberikan kontribusi berupa penghasilan tambahan. Dan semua berawal dari sebuah kata-kata yang saya tuliskan dalam blog ini. Sehingga kalau ditanya alasan ngeblog pada saat itu, maka jawaban saya adalah saya ngeblog untuk menuliskan lebih banyak harapan di dalam tulisan saya. Karena saya percaya, setiap kata-kata adalah doa.

Tahun Kesebelas dan Dua belas

Tahun kesebelas dan duabelas ini saya tidak punya alasan muluk-muluk kenapa saya harus tetap ngeblog. Karena semua alasan kenapa saya tetap ngeblog sampai dengan hari ini sudah terjawab seiring berjalannya waktu. Bahwasanya blog ini merupakan media untuk saya menumpahkan apa yang saya rasakan, mendapatkan teman-teman yang luar biasa, belajar menyajikan tulisan yang berkualitas, pembelajaran yang luar biasa dalam kehidupan karir selain dunia blogger, membuktikan anggapan bahwa ngeblog bukan trend sesaat, berbagi banyak hal melalui tulisan, dan membuktikan bahwa kata-kata adalah sebuah doa, Maka dari itu jangan pernah berhenti berkata-kata melalui tulisan. Tetap semangat ngeblog, karena kita tidak pernah tahu kekuatan dari sebuah kata-kata yang kita tuliskan. 

13 comments:

  1. Keren bang udah 12 tahun ngeblog, ane aja masih belajar2 nih, mudah2an bisa konsisten :D

    ReplyDelete
  2. Pernah buncit juga y mas. Itu tahun keberapa yak.. hehehe

    ReplyDelete
  3. Kalau aku, aku ngeblog karena hobi membaca dan menulis, berbagi ilmu dari hobiku, dan sebagai mata pencaharian

    ReplyDelete
  4. Waahh, secara tidak langsung menceritakan perjalanan perutnya ya mas hehe. Judulnya bagus beudt deh...

    ReplyDelete
  5. widih udah 12 taun aja... congratz ya rie.. semoga makin sukses untuk semuanya... amin

    ReplyDelete
  6. yang penting have fun ya... :)

    ReplyDelete
  7. Eh bsuyet 12 tahun kamu dah ngeblog, kalo anak sekolah sudah SD kelas 6 yaaa

    ReplyDelete
  8. Mas itu foto yang perutnya offset, saya ketawa ngakak, hahaha

    ReplyDelete
  9. Tahun terakhir ini sepertinya sering jalan2 gratis ya mas hehe...Alhamdulillah. selamat ya mas

    ReplyDelete
  10. Wah hebat banget... salah satu alesan saya rajin nulis waktu itu juga mas goiq nih...

    sukses terus yah mas..

    ReplyDelete
  11. gagal fokus ama si perezzzzzzzzzzzzzzzzzzz

    ReplyDelete
  12. Inspiratif gan mantap

    ReplyDelete

Terima kasih....